Mohon tunggu...
Laura Erika Hasibuan
Laura Erika Hasibuan Mohon Tunggu... Lentera hati

Ku lukiskan wajahmu dalam goresan luka dihati

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Yuk Isi Kegiatan yang Menambah Keterampilan Kamu di Bulan Suci Ramadhan Bersama Aku Si Laura

15 April 2021   23:43 Diperbarui: 16 April 2021   00:09 285 5 1 Mohon Tunggu...

Bulan yang selalu disambut dan ditunggu dengan penuh suka cita oleh umat muslim seluruh dunia, yaitu bulan Ramadhan. Bulan yang penuh berkah dan pengampunan dosa, meski saat ini suasana masih dirudung pandemi covid-19 tidaklah menyurutkan semangat umat muslim untuk melakukan kegiatan yang bermanfaat di bulan suci Ramadhan ini. Bahkan teman-teman muslim yang berada dibelahan bumi lainnya pun menyambut bulan suci Ramadhan dengan penuh suka cita.

Bukan hal yang asing lagi bagi kita untuk melakukan kegiatan bulan suci Ramadhan di rumah saja, mengingat di tahun 2020 untuk kali pertamanya umat muslim melakukan segala kegiatannya di rumah saja karena kondisi pandemi covid-19 yang merebak dengan sangat cepat. 

Dan kegiatan apa saja sih yang dapat kita lakukan untuk menambah keterampilan atau skill selama bulan suci Ramadhan ini? Dari pada hanya diisi dengan tidur terus-menerus atau bermalas-malasan, nah mending kita isi dengan kegiatan yang dapat menambah keterampilan atau skill kita.
Siapa tahu teman-teman mempunyai bakat terpendam dan bisa dijual juga hasilnya, betul tidak? 

Yuk ikuti kegiatan yang pernah aku lakukan bahkan sampai detik ini masih aku asah terus biar semakin terampil sambil mengisi waktu selama bulan suci Ramadhan, mungkin bisa menjadi referensi tuk teman-teman kompasianer juga loh mari kita lakukan bersama-sama ya.

Meronce aksesoris

Teman-teman tentunya pasti suka dengan yang namanya aksesoris, donk? Dari pada beli kenapa tidak kita coba untuk bikin sendiri, sekali-kali menggunakan hasil karya bikinan kita tentu akan memberikan nilai kepuasan yang luar biasa, apalagi kalau ada yang suka terus beli hasil karya kita hhmmm... tentunya senang donk ? Meronce dapat kita jadikan suatu kegiatan yang bermanfaat untuk menambah keterampilan kita selama mengisi bulan suci Ramadhan ini. 

Menurut Sumanto, meronce adalah cara pembuatan benda hias atau benda pakai yang dilakukan dengan menyusun bagian-bagian bahan berlubang atau sengaja dilubangi memakai bantuan benang, tali dan sejenisnya. Kegiatan meronce ini sangat menyenangkan dan dapat melatih kita menjadi lebih fokus. 

ini kegiatan yang suka aku lakukan karena sambil mengisi waktu kosong, mungkin kesannya sangat membosankan atau terlihat kuno tetapi dari meronce aksesoris mulai dari gelang, kalung dan cincin aku mendapatkan hasil yang tak terduga-duga walaupun tidak besar tapi hati bahagia, karena bisa bermanfaat bukan hanya untuk pribadi tapi tuk orang lain juga dan menambah keterampilan atau skill kita.

Menjahit Baju

dokpri
dokpri
Kali pertama aku belajar menjahit baju itu dari mama, aku selalu kagum dengan keterampilan mama dibidang seni, mau itu menjahit, membordir, menggambar atau melukis dan membuat kue. Kebetulan hobiku adalah menggambar dan sempat terlintas dipikiranku ingin sekali merealisasikannya, lalu aku pun bilang ke mama dan mama mengajariku cara membuat pola baju, menggunting dan menjahitnya. Saking niatnya aku sampai beli mesin jahit portable dan itu adalah kegiatan yang aku lakukan selama bulan puasa Ramadhan. 

Bahagia sekali ketika apa yang aku bikin bisa aku gunakan bahkan baju tersebut suka ku pakai tuk jalan-jalan dan kuliah juga. Dan kegiatan menjahit ini pun bisa teman-teman lakukan, bahkan sekarang sudah banyak kursus menjahit online jadi bisa menjadi kegiatan baru di bulan suci Ramadhan ini tuk menambah keterampilan kita, dan tidak ada alasan lagi tuk bermalas-malasan kan? 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN