Mohon tunggu...
LAUDITTA SORAYA WIBAWANTO
LAUDITTA SORAYA WIBAWANTO Mohon Tunggu... Lainnya - mahasiswa

bermain musik

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Geladi Hominisasi Sebagai Pengembangan Diri

27 November 2022   14:50 Diperbarui: 27 November 2022   14:54 76
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

            Pada geladi Homanisasi Universitas Katolik Parahyangan yang saya laksanakan pada tanggal 20 November 2022, saya melaksanakan kegiatan pra geladi sebagai syarat mengikuti geladi hominisasi. Pra geladi yang saya lakukan berupa pengerjaan tugas pendahuluan dengan tema yang saya pilih yaitu ketahanan pangan di Indonesia. Pada tugas tersebut saya juga menjelaskan mengenai hal yang menarik dari syair Indonesia Raya Stanza 3 yaitu didalam syair tersebut terdapat syair yang berisi cita-cita bangsa Indonesia. Pada tugas pra gladi tersebut saya juga menonton film dokumenter berjudul Nusantara Kaya (semua, Kita Punya) yang sangat menarik, menjelaskan mengenai betapa kayanya nusantara dan pangan yang dihasilkan oleh tanah Nusantara ini oleh karena itu seharusnya kita tidak perlu takut akan ketahanan pangan Indonesia, kemudian saya juga menjelaskan tantangan dan keperihatinan terkait ketahanan pangan di Indonesia serta tindakan kecil yang harus kita lakukan sebagai anak muda mengenai ketahanan pangan di Indonesia.

            Saya mendapatkan pengalaman yang sangat berharga dari kegiatan geladi homanisasi yang telah saya laksanakan pada tanggal 20 November 2022, dari kegiatan tersebut saya menyadari betapa pentingnya kedisplinan, komunikasi, dan cara bekerja sama kelompok dengan baik ditengah keterbatasan waktu yang ada, serta cara memecahkan suatu masalah dengan berdiskusi. Saya juga mendapatkan pengalaman untuk dapat menerima kritik yang nantinya kritik tersebut dapat dijadikan motivasi agar dapat menjadi lebih baik kedepannya.

            Kemampuan menggunakan logika dan bahasa sebagai warga negara sangat diperlukan dikarenakan untuk memecahkan suatu persoalan memerlukan logika yang masuk akal dan jernih agar masalah tersebut dapat terpecahkan dengan baik, tetapi logika tersebut juga harus diikuti dengan penggunaan bahasa yang baik agar dapat tersampaikan dengan baik sehigga tidak terjadi kesalahpahaman sehingga permasalahan dapat terselesaikan dengan baik melalui komunikasi yang baik.

            Melalui geladi hominisasi saya dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi saya yang awalnya kurang berani bicara di depan umum, meningkatkan kedisplinan saya, meningkatkan kerja sama yang harus saya terapkan di dalam kelompok agar tugas yang saya laksanakan dapat terselesaikan dengan baik, dan melalui geladi hominisasi juga mengasah logika dan kemampuan bahasa saya dalam memecahkan suatu permasalahan.

            Kemampuan yang saya pelajari secara singkat pada geladi Hominisasi adalah kemampuan menggunakan logika dalam menyelesaikan suatu permasalahan, hal tersebut akan saya terapkan dalam kehidupan perkuliahan saya agar dalam memecahkan suatu permasalahan, saya selalu mengedepankan logika saya disertai komunikasi yang baik, seperti dalam pengerjaan tugas kelompok saya akan terus mengedepankan komunikasi yang baik agar tidak terjadi kesalahpahaman dan dapat menyelesaikan tugas dengan baik. Cara saya meningkatkan kemampuan dalam berpikir dan berbahasa sebagai warganegara adalah dengan memperbanyak membaca buku, komunikasi antar sesama, menyampaikan opini yang masuk akal dalam setiap persoalan agar kedepannya lebih baik, serta melakukan musyawarah atas setiap keputusan yang diambil bersama.

           

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun