Mohon tunggu...
LatihID
LatihID Mohon Tunggu... Platform Pengembangan UMKM

Platform e-learning (electronic learning) yang menyediakan pelatihan berkualitas untuk meningkatkan kualitas Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Indonesia. www.latihid.com

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Cara Packing Frozen Food agar Awet dan Tahan Lama

2 April 2021   15:26 Diperbarui: 2 April 2021   15:29 183 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Cara Packing Frozen Food agar Awet dan Tahan Lama
Frozen food | Sumber foto: cnnindonesia.com

Semenjak pandemi, banyak restoran, cafe, maupun tempat makan lainnya yang harus ditutup untuk menekan penyebaran Covid-19. Alhasil pemilik restoran, cafe, dan tempat makan lainnya harus memutar otak untuk menemukan cara bagaimana mereka bisa tetap berjualan di tengah pandemi ini. Salah satunya adalah dengan menjual makanan dalam bentuk beku alias frozen food. 

Meskipun saat ini restoran, cafe, dan tempat makan lainnya sudah boleh beroperasi kembali, tapi sebagian konsumen masih tetap memilih untuk di rumah saja dan menikmati frozen food karena lebih mudah, praktis, bisa dimasak kapanpun dan memiliki umur simpan yang lebih lama. 

Nah, buat kamu yang lagi bingung mau berbisnis apa, nggak ada salahnya kamu coba bisnis frozen food ini saja. Peluangnya cukup besar dan menjanjikan, lho! Namun, kamu juga harus memperhatikan hal terpenting dalam bisnis ini yaitu cara packing-nya, apalagi kalau target pembeli mu ada di seluruh Indonesia. Pastikan kalau frozen food yang kamu kirim dikemas dengan baik. Jangan sampai makanan yang kamu kirim basi atau mengalami freezer burn karena kesalahan packing.

Apa itu Freezer Burn?

Dilansir dari Sadhanas, freezer burn adalah suatu kejadian di mana pada saat molekul air yang berpindah ke permukaan makanan berubah menjadi kristal es di dalam freezer, oksigen pun masuk ke dalam permukaan makanan sehingga menyebabkan perubahan warna padanya. Contohnya daging ayam yang semula berwarna merah muda berubah warna menjadi lebih pucat. 

Atau kalau pada makanan beku berubah menjadi lengket dan berlendir ketika dicairkan serta mengeluarkan bau yang tidak sedap. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan cara packing frozen food ini, apalagi untuk pengiriman jarak jauh seperti ke luar kota atau pulau. Yuk, simak langsung ulasan berikut ini!

Cara Packing Frozen Food

1. Gunakan Kemasan Tertutup dan Kedap Udara

Agar frozen food yang mau kamu kirim tetap awet dan terjaga kualitasnya, kamu harus menggunakan kemasan tertutup dan kedap udara untuk mencegah bakteri maupun benda asing lainnya masuk ke dalam frozen food. 

Contoh mesin vakum makanan | Sumber foto: ramesia.com
Contoh mesin vakum makanan | Sumber foto: ramesia.com

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN