Mohon tunggu...
LatihID
LatihID Mohon Tunggu... Start-up Sosial

Start-up sosial yang menyediakan platform E-learning untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Indonesia.

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Kuasai 4 Strategi Digital Marketing Ini Agar Bisnis Semakin Sukses!

2 Februari 2021   16:42 Diperbarui: 3 Februari 2021   16:17 443 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kuasai 4 Strategi Digital Marketing Ini Agar Bisnis Semakin Sukses!
Sumber foto: Pixabay.com / Ilustrasi seseorang yang sedang melakukan evaluasi akan strategi digital marketingnya.

Revolusi industri 4.0 yang sedang berjalan saat ini telah membuat perubahan yang besar pada hampir segala bidang kehidupan, tak terkecuali di ranah bisnis. Tren dan peluang bisnis di era digitalisasi pun turut berkembang pesat. Maka dari itu, penting bagi para pelaku usaha untuk segera beralih dan memanfaatkan pemasaran produk secara digital, yang biasa disebut dengan digital marketing.

Apa itu digital marketing?

Digital marketing atau pemasaran digital adalah sebuah strategi dan usaha untuk memasarkan ataupun mempromosikan sebuah produk dari suatu brand dengan tujuan meningkatkan penjualan produk tersebut. Seiring dengan kemajuan teknologi, digital marketing sudah banyak dilakukan oleh perusahaan berskala besar maupun usaha-usaha kecil atau small business, lho. Selain itu, menurut Kumparan, digital marketing dinilai sangat efektif dalam menjangkau target konsumen karena strategi pemasaran ini dilakukan melalui internet, yang tentunya bisa menjangkau calon pembeli dengan lebih cepat, luas, dan masif.

Agar bisnis bisa berjalan dan berkembang dengan baik, pelaku usaha wajib tahu bagaimana cara untuk menerapkan digital marketing dengan maksimal. Salah satu caranya adalah dengan menguasai strategi-strategi penting dalam dunia pemasaran digital. Apa saja? Simak 4 strategi digital marketing di bawah ini, yuk!

1.  Social Media Marketing

Sumber foto: Unsplash.com/@dole777 / Berbagai macam jenis media sosial 
Sumber foto: Unsplash.com/@dole777 / Berbagai macam jenis media sosial 

Sebagai pengguna aktif internet, tentunya kamu pernah melihat suatu produk yang bermunculan di berbagai media sosial saat ini, kan? Nah, hal itu termasuk salah contoh strategi digital marketing yang biasa disebut dengan social media marketing. Social media marketing merupakan bentuk pemasaran yang digunakan untuk menciptakan kesadaran, pengakuan, ingatan, serta tindakan terhadap sebuah brand ataupun produk secara langsung maupun tidak langsung dengan menggunakan situs jejaring sosial. Social media marketing bisa membantu pelaku usaha untuk menjalin interaksi dengan pelanggan menjadi lebih mudah karena dilakukan secara online. Dengan strategi ini, biaya yang perlu dikeluarkan juga menjadi lebih sedikit. Selain penjualan produk, kamu juga bisa meningkatkan brand awareness dengan menguasai skill pemasaran lewat media sosial.

2.  Content Marketing

Sumber foto: Instagram.com/@latihidofficial / Contoh content marketing
Sumber foto: Instagram.com/@latihidofficial / Contoh content marketing

Content marketing atau pemasaran konten adalah bentuk pemasaran yang berfokus dalam membuat dan menerbitkan konten dalam bentuk teks, audio, video, maupun multimedia yang relevan dengan audiens yang ditargetkan dan didistribusikan secara online, dengan tujuan mengonversi mereka menjadi pelanggan. Dalam melakukan content marketing, pelaku usaha harus mengetahui terlebih dahulu apa tujuan dari pemasaran konten yang dibuat. Lalu, mengenali target audiens juga sangat penting agar konten yang dibuat menjadi tepat sasaran. Kunci utama dalam content marketing adalah pembuatan konten yang relevan, penting, serta konsisten demi terciptanya relasi yang kuat dengan para audiens. Lalu, kira-kira apa saja contoh dari content marketing? Kamu bisa membuat infografik di media sosial seperti Instagram, artikel di blog atau website, ataupun video sebagai bentuk pemasaran konten atas produk atau jasa yang ingin dipromosikan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x