Mohon tunggu...
Latifah Maurinta
Latifah Maurinta Mohon Tunggu... Penulis Novel

9 September 1997. Novel, medical, and psychology. Penyuka green tea dan white lily. Contact: l.maurinta.wigati@gmail.com Twitter: @Maurinta

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Mau Punya Hubungan yang Sehat? Jujur dan Terbukalah

6 Mei 2017   06:58 Diperbarui: 6 Mei 2017   08:39 0 17 7 Mohon Tunggu...

Chika dan William saling mencintai. Kesamaan pandangan dan gaya hidup membuat mereka merasa cocok satu sama lain. William nyaman bersama Chika. Begitu pun sebaliknya.

Seiring berjalannya waktu, Chika mulai sadar jika William menyembunyikan sesuatu. Beberapa kali William berbohong padanya. Namun, Chika mencoba bersabar dan berpikir positif. Meski jauh di dalam hati ia kecewa karena William yang sangat ia cintai tega melukai hatinya dengan ketidakjujuran.

Banyak keganjilan yang ditemukan Chika dalam diri William. Tergugah rasa ingin tahu, Chika mencoba menyelidiki tentang William dan keluarganya. Penyelidikan yang sulit dan tak kunjung menemukan titik terang.

Di sisi lain, ternyata William menyembunyikan banyak hal dari Chika. Ia sengaja merahasiakannya. Hanya William yang tahu alasannya berahasia.

Chika pun putus asa. Ia tak tahu lagi bagaimana cara menyelidiki William. Dibujuknya William untuk menceritakan apa pun yang belum diketahuinya. Chika berjanji bahwa ia takkan berubah setelah William jujur padanya.

Akhirnya William terbujuk. Ia menceritakan masa lalu terburuknya pada Chika. Walau sempat shock, Chika dapat menerima masa lalu William. Penilaian Chika pada William tidak berubah. Ia tetap mencintai William dengan segala kelebihan, kekurangan, dan masa lalunya. Chika sadar, tak semua orang memiliki masa lalu yang baik. Justru ia ingin membantu William berdamai dengan masa lalunya.

William tak menyangka jika Chika tetap mencintainya setelah mengetahui semua masa lalunya. Ia mengagumi ketulusan Chika. Ia tahu, Chika mencintai dirinya tanpa syarat. Tanpa ragu lagi, William segera menikahi Chika.

Apakah pelajaran berharga yang bisa kita ambil dari ilustrasi di atas? Saling memahami dan mencintai tanpa syarat adalah ketika kita berani jujur dan terbuka. Justru pemahaman dan kasih sayang tanpa syarat takkan hadir bila kita menutup-nutupi sesuatu dari orang yang kita cintai.

Kejujuran adalah kunci sukses dalam membina hubungan. Ini berlaku untuk jenis relasi apa pun. Entah itu hubungan sepasang kekasih, keluarga, persahabatan, pertemanan, bisnis, pekerjaan, dll. Diperlukan kejujuran dan keterbukaan untuk membangun kepercayaan.

Setiap orang memang memiliki rahasia. Namun, jangan jadikan rahasia itu sebagai faktor berakhirnya sebuah hubungan. Justru kita telah berhasil membina hubungan baik dan menumbuhkan kepercayaan, ceritakanlah segala sesuatunya. Jangan menyembunyikan dan menutupi apa pun lagi.

Apa alasan kita merahasiakan sesuatu? Terdorong rasa takut adalah opsi yang sering dialami. Rasa takut dibenci, dijauhi, dan tidak dicintai lagi setelah kita membuka rahasia itu. Takut seseorang yang kita cintai marah setelah mendengar rahasia kita. Selama ini, kita terbiasa dicintai, disayangi, dan diperhatikan. Lalu tiba-tiba saja semuanya berakhir begitu rahasia terbongkar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
KONTEN MENARIK LAINNYA
x