Mohon tunggu...
Latifah InasYokasari
Latifah InasYokasari Mohon Tunggu... latifah Inas.

man ana

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

KKN Covid-19 Universitas Sebelas Maret Surakarta di Kelurahan Banyuanyar

30 Juni 2020   19:11 Diperbarui: 30 Juni 2020   19:18 12 0 0 Mohon Tunggu...

KKN COVID-19 adalah Kegiatan KKN yang dilaksankaan dari rumah karena dunia sedang mengalami Pandemi wabah COVID-19, sehingga pihak UNS (Universitas Sebelas Maret) memberikan fasilitas KKN namun tata caranya berbeda dengan KKN pada umumnya. 

KKN ini dilakukan di rumah masing-masing peserta. Pendaftraan KKN ini dilaksakan dalam 3 batch yang dimana kesemuanya tatacara dan peraturannya hampir sama. 

Saya salah satu peserta dari KKN, Latifah Inas dari Prodi Pendidikan Luar Biasa(PLB)  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dengan NIM K5117044 melakukan KKN COVID-19 di daerah Banyuanyar, rt 03, rw 12, banjarsari, Surakarta, Jawa Tengah. 

Kegiatan KKN ini tetap ada pembagian kelompok seperti KKN pada umumnya, namun yang membedakan adalah masing-masong kelompok ini melaksanakan programnya sendiri-sendiri, tentunya dengan bantuan atau bisa konsultasi dengan Dosen Pembimbing Lapangan, Dr. Izza Mafruhah, S.E, M.Si. Tema besar yang saya pilih dalam KKN COVID-19 kali ini adalah "Supporting Pemahaman Masyarakat terhadap COVID-19".

Program kerja yang dilaksanakan ada 4 program yaitu : Memberian edukasi tentang Wabah COVID-19 kepada masyarakat melalui penyebaran poster dan  penyebaran video. 

Penyebarn informasi ini dilakukan melalui sosial media dengan Username IG : kkn_covid19_b, melalui  WAG ( Whats App Group), dan juga melalui channel Youtube. Program yang kedua adalah penyemprotan desinfektan di lingkungan rumah. Kegiatan ini dilakukan dan sudah mendapat persetujuan dari para warga. 

Program ketiga yaitu pembagian started kit berkaitan New Normal Life. Pembagian ini ditujukan kepada orang yang berhak menerima di daerah sekitaran lingkungan RT, hal ini dilakukan karena masyarakat yang membutuhkan lebih layak untuk diberi bantuan dan juga sosialisasi berkaitan COVID-19 ini. 

Program terakhir adalah sosialisasi agar tetap produktif dirumah. Ada 2 kegiatan yaitu kegiatan mensosialisaikan COVID-19 dan pentingnya penggunaan masker kepada anak-anak namun dilakukan sambil bermain agar anak mudah menerima informasi. Dan melakukan gardening. Sosialisasi gardening diadakan dirumah saya sendiri. hasilnya dari kesemua program adalah kegiatan dilaksanakan dengan baik dan benar juga sesuai dengan protokol kesehtan yang berlaku. 

Dan antusiasme para warga dikatakan cukup ditandai dengan beberapa warga mau merespon di WAG dan mau untuk diajak sosialisasi. Dan terakhir, jaga selalu kesehatan dan tetap terapkan pola hidup sehat dan bersih, dan semoga wabah ini segera berakhir agar bisa mealaksankan kegiatan seperti biasa.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x