Mohon tunggu...
Latifa Dewi Melania
Latifa Dewi Melania Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Mahasiswa KKN TIM II UNDIP 2021

Mahasiswa Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

KKN Undip Mengajak Masyarakat untuk Tingkatkan Pemahaman Mengenai Protokol Isoman dengan Mengonsumsi Gizi Seimbang

5 Agustus 2021   00:17 Diperbarui: 5 Agustus 2021   00:20 42 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
KKN Undip Mengajak Masyarakat untuk Tingkatkan Pemahaman Mengenai Protokol Isoman dengan Mengonsumsi Gizi Seimbang
Dokumen pribadi

Penyebaran Covid-19 di Indonesia saat ini sudah semakin meluas dan tidak terkendali diiringi dengan peningkatan jumlah kasus positif bahkan jumlah kematian. Rumah sakit, puskesmas, serta fasilitas kesehatan lainnya mulai kewalahan menangani pasien positif Covid-19 karena adanya varian covid baru saat ini. 

Oleh karena itu, pasien tanpa gejala hingga gejala ringan diharuskan isolasi mandiri di rumah dan memprioritaskan pasien dengan gejala sedang hingga berat untuk mendapatkan fasilitas rumah sakit. 

Namun pada pelaksanaannya isolasi mandiri dirumah minim kontribusinya untuk memutus penyebaran Covid-19, karena saat isolasi mandiri dirumah masih banyak yang tetap berinteraksi dengan anggota keluarganya bahkan ada juga yang beraktivitas seperti biasa. 

Hal ini mengindikasikan bahwa masih banyak masyarakat yang belum memahami secara betul mengenai tata cara melakukan isolasi mandiri yang baik dan benar. 

Oleh sebab itu, pentingnya dilakukan edukasi kepada masyarakat tentang “Bagaimana Protokol Isolasi Mandiri yang Baik dan Benar”, yang bertujuan untuk mencegah penyebaran virus corona ke anggota keluarga yang tinggal dalam satu rumah. 

Karena masyarakat lebih banyak tinggal dirumah maka diharuskan untuk tetap sehat dan berusaha memperkuat sistem kekebalan tubuh dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi dan mencukupi kebutuhan tubuh, karena yang dihadapi masyarakat adalah virus corona yang hingga saat ini belum ditemukan obat yang sudah terbukti efektif ataupun sudah diterapkan di masyarakat secara umum, maka imunitas tubuh menjadi hal yang penting. 

Imunitas tersebut salah satunya adalah dengan pola makan yang baik dan sehat untuk menjaga kebugaran tubuh sehingga dapat meningkatkan imunitas tubuh yaitu dengan mengkonsumsi gizi seimbang. 

Dokumen pribadi
Dokumen pribadi
Adanya program KKN ini cukup mendapatkan respon yang sangat positif dari masyarakat setempat. Masyarakat bahkan menyambut baik mahasiswa KKN dan menantikan dari program kerja yang dibawa oleh mahasiswa. 

Bentuk dari penyampaian program kerja yaitu secara online berupa poster dan video edukasi yang di upload via Youtube dan disebarkan lewat Whatssap agar dapat menarik minat warga dan tentunya membuat warga jauh lebih mudah untuk memahami isi dari pesan yang ingin disampaikan.

Semoga adanya program KKN Tim II 2021 diharapkan dapat memberikan manfaat dan pembelajaran yang sangat berharga untuk kedepannya. Bukan tak mungkin pandemi COVID-19 akan cepat selesai jika kita semua bahu membahu untuk menekan penyebaran virus.

Penulis : Latifa Dewi Melania (Fakultas Kedokteran/Ilmu Keperawatan)

Dosen Pembimbing : Mas Ut, S.Ag., M.Ag., MH

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN