Mohon tunggu...
lathiifatul choirunnisaa
lathiifatul choirunnisaa Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

semangat belajar

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Penyuluhan Posyandu di Daerah Karah

24 Oktober 2021   13:52 Diperbarui: 13 November 2021   15:14 145
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Halo, perkenalkan nama saya lathiifatul choirunnisaa' saya dari universitas nahdlatul ulama suarabaya dan saya dari prodi kesehatan masyarakat saya bertempat tinggal di surabaya. Dan di sini saya akan menulis satu pengalaman yang saya buat yaitu pengalaman sosial yang semula hanya iseng iseng dan banyak banget manfaatnya.

Pada tahun 2019, saya membantu orang tua saya melakukan penyuluhan posyandu tepatnya di daerah karah Surabaya Jawa Timur. Di dalam hal itu mungkin masih terbilang saya kurang kompeten dalam hal membantu orang tua saya di dalam menjalankan tugasnya sebagai pegawai posyandu. Namun di dalam hal ini saya cukup paham akan apa saja hal-hal kecil yang harus dilakukan dalam melayani kesehatan balita pada usia saya yang terbilang masih muda ini. Hal ini tentu saja menjadi sebuah tantangan bagi diri saya untuk mengemban tugas kecil dalam membantu orang tua saya dalam melakukan pelayanan kesehatan balita. Pelayanan kesehatan balita yang saat itu diberikan adalah terkait dengan stunting.

Kondisi pada saat saya melakukan penyuluhan terbilang cukup ramai karena warga dan para orang tua sangat antusias karena penyuluhan yang orang tua saya berikan itu cukup bermanfaat bagi balita yang terkena stunting.

Nah, disini ada yang tau tentang stunting tidak? Apa sih itu stunting? Nah saya akan menjelaskan sedikit tentang stunting.

Stunting itu semacam balita yang tinggi badan dan berat badannya berbeda atau di sering kali di sebut oleh para warga gangngguan pertumbuhan dan meiliki kekurangan nutrisi. Kenepa sih kok balita bisa pada kenak stunting? Ada yang tau gak? Jawabannya karena waktu ibu nya hamil bayi tersebut kekurangan asupan gizi seperti ibunya itu kurang makan makanan bersayur atau berprotein tinggi.

Nah, di sini ada yang tau tentang ciri ciri stunting tidak? Ciri ciri stunting banyak iyaa guys seperti lambatnya pertumbuhan pada balita kemudian keterlambatan pada pertumbuhan gigi balita, kemudian kurang fokusnya anak yang terkena stunting pada pelajaran. Nah saran ya ibu ibu untuk yang masih mengandung banyak lah mengkonsumsi makanan bergizi banyak protein karbohidrat. Karena stunting itu bahaya apa bila jika terkena pada anak anak kalian ibu ibu

Nah, saya akan menjelaskan sedikit dampak masalah kesehatan tentang penyakit stunting ini, jika stunting berkelanjutan pada anak ibu ibu sekalian akan menyebabkan atau berdampak buruk bagi kesehatan balita yaitu akan menyebabkan kekebalatan tubuh balita lemah sehingga balita akan mudah jatuh sakit dan memiliki resiko terkena berbagai penyakit.

Nah sebaiknya saran saya sekali lagi saya harap ibu ibu yang sedang mengandung sebaiknya harap berhati hati dalam mengonsumsi makanan yang tidak berprotein dan berserat atau berkarbohidrat saran saya banyak makan makanan berprotein atau berkarbohidrat iyaa sayangi janin anda seperti anda disayangi oleh suami anda.

Sekian dari saya pamit undur diri mohon maaf apabila ada salah ketikan sekian dari saya selmat membaca pengetahuan saya terima kasih.

Nama : lathiifatul choirunnisaa'

Nim : 2130021041

Prodi : S1 kesehatan masyarakat

Universitas nahdlatul ulama surabaya 

Tugas UTS bahasa indonesia 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun