Mohon tunggu...
Gabriella
Gabriella Mohon Tunggu... Mahasiswa - Hi!

Have a nice day!

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

KKN Tematik UPI 2021: Penanaman Budaya Literasi Sejak Dini di TK Tiara Bunda Bandung

23 September 2021   03:22 Diperbarui: 23 September 2021   03:58 65 2 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
KKN Tematik UPI 2021: Penanaman Budaya Literasi Sejak Dini di TK Tiara Bunda Bandung
Pic : www.shutterstock.com

Pembiasaan dan penanaman budaya literasi sangat dibutuhkan di era ini. 

Dengan lahirnya Generasi Alpha, generasi yang adalah sebutan bagi generasi yang lahir di abad 21 atau sekitar tahun 2010-an. 

Hingga saat ini menunjukan juga bahwa Generasi Alpha sangat berkaitan dengan perangkat keras seperti komputer, smartphone, gadget, video game dan juga internet mulai booming yang terus berlanjut hingga saat ini. 

Seiring berjalannya waktu, kertas digital di dunia ini juga semakin berkembang. Generasi Z sendiri bahkan disebut sebagai generasi pertama yang "lahir digital", maka Generasi Alpha merupakan generasi yang sangat akrab dengan teknologi digital.

Di era digital ini, literasi menjadi tantangan bagi generasi muda apalagi pentingnya penanaman sejak dini adalah yang menjadi tantangan utamanya. 

Dimana literasi tidak lagi sekedar kegiatan membaca buku, tetapi lebih diarahkan pada literasi media yang cakupannya juga menjadi lebih luas bahkan sangat luas. 

Tantangan utama bagi generasi saat ini di era literasi digital adalah menguji kemampuan mereka menyerap informasi dalam arti kata yang sebenarnya.  Di mulai dari berlatih membaca hingga pemahaman literasi tahap selanjutnya. 

Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) turut berperan dalam meningkatkan literasi masyarakat Indonesia. 

Sehubung dengan berjalannya program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik 2021 gelombang dua yang mulai dilaksanakan pada 26 September lalu yang membawakan tema, "Mengembangkan Literasi (Literasi Baca Dan Tulis, Numerasi, Sains, Digital, Finansial, Budaya Dan Kewargaan) Serta Rekognisi Merdeka Belajar Kampus Merdeka -- Pusat Prestasi Nasional".

Gabriella, mahasiswa UPI dari program studi Pendidikan Bahasa Korea merupakan salah satu dari 2685 mahasiswa yang mengikuti KKN Tematik gelombang dua ini. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan