Mohon tunggu...
Latanza Camila
Latanza Camila Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Ilmu Komunikasi 2018

Mahasiswa Ilmu Komunikasi 2018

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Mulai Berliterasi Sejak Dini!

25 September 2021   22:11 Diperbarui: 25 September 2021   22:14 21 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Mulai Berliterasi Sejak Dini!
Edukasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Literasi secara umum dikenal dengan kemampuan seseorang meliputi baca dan tulis. Menurut Elizabeth Sulzby "1986", Literasi ialah kemampuan berbahasa yang dimiliki oleh seseorang dalam berkomunikasi "membaca, berbicara, menyimak dan menulis" dengan cara yang berbeda sesuai dengan tujuannya. Jika didefinisikan secara singkat, definisi literasi yaitu kemampuan menulis dan membaca

Kemampuan seseorang dalam menguasai literasi ini merupakan indikator yang penting dalam meningkatkan prestasi khususnya bagi generasi muda dalam mencapai kesuksesan. Budaya literasi ini sangat bermanfaat untuk memupuk kemampuan generasi muda atau anak-anak muda di Indonesia. 

Literasi sendiri memiliki tujuan untuk membantu seseorang berfikir kritis. Pentingnya berperilaku berfikir kritis ini adalah agar para generasi muda tidak mudah termakan hoax. Bayangkan saja apabila para anak muda buta literasi, dan generasi penerus bangsa tidak akan pernah bisa maju. Literasi juga membantu untuk meningkatkan pengetahuan. Dengan membaca, seseorang akan mengembangkan nilai budi pekerti di dalam dirinya.

Selain membaca, menulis dan menghitung pun merupakan bagian dari literasi. Masih banyak orang yang bahkan di usia yang tidak bisa dibilang muda, mereka belum bisa membaca dengan benar, belum bisa membedakan bagaimana cara menulis dengan huruf kapital, bagaimana cara membaca bilangan-bilangan angka, tidak bisa mejumlahkan angka padahal hal tersebut merupakan matematika dasar yang sebetulnya semua orang harus bisa melakukannya. Tetapi rakyat Indonesia yang jumlahnya banyak ini tidak bisa dikontrol dengan mudah. Mana lagi, pendidikan yang belum tersebar dengan rata menjadi salah satu hambatan dari persoalan ini. 

Maka dari itu, pentingnya melakukan kesadaran literasi sejak dini merupakan urgensi yang harus dilakukan. 

Mohon tunggu...
Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan