Mohon tunggu...
Lasminah Lasminah
Lasminah Lasminah Mohon Tunggu... Guru - Guru TK

Saya hobi jalan-jalan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 1.4

24 Januari 2023   21:26 Diperbarui: 24 Januari 2023   21:31 288
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

PERISTIWA

Hasil refleksi pemahaman saya ketika mempelajari modul 1.4 adalah

Kegiatan Kepalan Tangan

Cobalah Buka yaitu kegiatan kepalan tangan antara saya dan teman saya untuk mempertahankan sesuatu yang berharga, apakah kepalan saya dapat terbuka atau tertutup oleh teman saya, tergantung pada kontrol diri saya, karena yang dapat mengontrol diri saya adalah diri saya sendiri, begitu pula dengan teman saya. Hal ini juga berkaitan dengan perubahan paradigma Teori Kontrol (Ilusi Kontrol), bahwa guru tidak bisa mengontrol murid, kritik dan membuat merasa bersalah tidak dapat menguatkan karakter, semua penguatan positif tidak efektif dan bermanfaat serta orang dewasatidak memiliki hak untuk memaksa. Sebetulnya siapa sesungguhnya yang memiliki kontrol adalah diri kita sendiri.

Nilai-nilai Kebajikan Universal

Nilai-nilai Kebajikan Universal adalah sifat-sifat positif manusia yang merupakan tujuan mulia yang ingin dicapai setiap individu. Setiap perilaku/ perbuatan memiliki suatu tujuan, motivasi intrinsik yang terbangun dapat mencapau tujuan mulia yang diinginkan, dan nilai-nilai kebajikan yang ingin dicapai oleh setiap anak Indonesia adalah Profil Pelajar Indonesia, ada 6 dimensi antara lain : Beriman, bertaqwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia, Mandiri, Bernalar kritis, Berkebinekaan global, bergotong royong, dan kreatif.

3 Motivasi Perilaku Manusia

1. Untuk menghindari ketidaknyamanan/ hukuman

2. Untuk mendapatkan imbalan/ penghargaan dari orang lain/ institusi

3. Untuk menghargai diri sendiri dengan nilai-nilai yang mereka percayai

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun