Lasmaria Samosir
Lasmaria Samosir

Guru IPS SMP Swasta Santo Thomas 1 Medan, Sumatera Utara

Selanjutnya

Tutup

Tekno

Motivasi Mengikuti "E-Training" Guru Melek IT (DOGMIT) Angkatan 2 Tahun 2018 Materi "PowerPoint Edugame"

8 Februari 2018   14:17 Diperbarui: 8 Februari 2018   16:06 288 0 0

Saya guru IPS SMP dengan pengalaman mengajar masih kategori guru junior. Kegiatan belajar mengajar yang saya lakukan selama ini menggunakan media PowerPoint. Media PowerPoint digunakan untuk menjelaskan materi ajar yang dirangkum dan dikemas dalam slide PowerPoint, sehingga peserta didik dapat lebih mudah memahami penjelasan guru melalui visualisasi yang terangkum di dalam slide dan diharapkan semua materi yang disampaikan bisa diterima oleh siswa.

Tapi kenyataan, setelah saya melihat dan mengamati peserta didik terhadap yang saya lakukan selama ini, masih seringkali dalam proses pembelajaran terjadi kejenuhan, merasa bosan, kurang tertarik, kurang bersemangat yang berakibat pada nilai menjadi tidak terlalu bagus. Disamping itu dengan mengamati semakin pesatnya perkembangan IPTEK menuntut guru untuk lebih kreatif dan inovatif dalam mendesain pembelajaran dengan lebih baik, lebih efisien, lebih menarik dan dapat lebih mudah untuk diterima dan dimengerti oleh siswanya.

Akhirnya setelah saya browsing dengan membaca tulisan dari pengalaman Ibu Sri Yamini di Kompasiana bersama guru pembimbing Bapak Sukani melalui E-Training Guru Melek IT (DOGMIT) saya terpacu untuk bergabung dengan Komunitas Guru Era Digital (KGED). Pada awal tahun ini KGED Indonesia & Guru Melek IT Center membuka kembali pendaftaran E-Training DOGMIT dengan paket materi keren membuat Media Pembelajaran PowerPoint Edugame. Materi PowerPoint Edugame bukanlah presentasi powerpoint biasa, materi bahan ajar dikemas dalam bentuk game atau permainan dalam bentuk PowerPoint.

Menggunakan PowerPoint edugame membuat anak didik lebih tertarik dan tertantang untuk setiap pembelajaran yang kita ajarkan dan biasanya dengan game anak didik tetap merasa fresh, rileks, dan gembira. Banyak manfaat PowerPoint edugame edukasi ini, namun bagi saya yang terpenting pembelajaran tidak membosankan, anak merasa senang, dan tidak merasakan telah melakukan pembelajaran serta tak luput hasil belajar yang memuaskan. 

Saya sangat percaya materi PowerPoint Edugame ini sangat tepat sekali bagi para guru dengan mengamati keinginan dan kebutuhan belajar anak zaman sekarang (kids zaman now) rasanya sangat susah dipisahkan dari game, dan setelah berakhirnya DOGMIT Angkatan 2 ini segala upaya dan usaha dari guru sederhana tapi karya luar biasa demi menciptakan generasi anak bangsa yang cerdas segera terwujud, semoga.