Mohon tunggu...
Lasga Hanjaya
Lasga Hanjaya Mohon Tunggu... Lainnya - -

Mahasiswa Penerima Beasiswa Prestasi Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Pilihan

Tips Membuat Membuat Beef Stock/Broth Jernih (Clear Soup)

6 Agustus 2021   22:19 Diperbarui: 6 Agustus 2021   22:38 134 6 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Tips Membuat Membuat Beef Stock/Broth Jernih (Clear Soup)
sTheSpruceEats.com

Daging merupakan salah satu bahan makanan yang banyak digunakan untuk dijadikan berbagai macam hidangan.  Hampir seluruh negara yang ada di dunia memiliki  hidangan yang berbahan dasar dari daging, baik daging sapi, babi, kambing dll. Dalam hidangan makanan yang ada di asia dan western dikenal sebuah bahan dasar untuk membuat berbagai macam jenis sauce maupun soup, yaitu kaldu (stock/broth). 

WillCookForSmiles.com
WillCookForSmiles.com

Kaldu adalah basic atau biasa disebut bahan dasar dalam pembuatan berbagai macam sauce dan soup, proses pembuatan kaldu  adalah dengan cara merebus daging dengan mirepoix dan boquet garni sampai daging ataupun tulang mengeluarkan cita rasa gurih yang alami. Pada umumnya kaldu terbuat dari protein hewani seperti daging sapi, babi, kambing & ikan, akan tetapi juga terdapat kaldu yang terbuat dari bahan bahan sayuran alami. 

wikipedia.com
wikipedia.com

Tips membuat kaldu yang jernih, Pertama lewati langkah mencuci bahan daging ketika mentah, sebaiknya panas kan air hingga mendidih kemudian masukan daging tersebut, air panas bertujuan membuka pori pori daging sehingga kotoran yang ada didalamnya lebih mudah terangkat,tunggu hingga kotoran naik ke atas permukaan air mendidih. Setelah kotoran tersebut naik lakukan proses skimming yaitu membuang buih buih dan kotoran yang ada di permukaan. 

Setelah air rebusan bebas dari buih dan kotoran, angkat daging lalu bilas menggunakan air mengalir, setelah itu daging baru dapat digunakan untuk proses pembuatan kaldu pada air rebusan yang baru.Kemudian setelah pembuatan kaldu selesai biasanya anda akan mendapati banyaknya minyak berlebih yang muncul di permukaan yang berasal dari daging ataupun tulang daging tersebut, cara menghilangkan lemak ataupun minyak tersebut cukup mudah, cukup dengan cara dinginkan kaldu tersebut di dalam chiller, ketika kaldu mencapai suhu rendah, minyak ataupun lemak yang ada akan membeku, ketika lemak tersebut membeku segera angkat dan buang agar anda mendapatkan hasil kaldu yang jernih.

semoga tips di atas bermanfaat, selamat mencoba!!

-Lasga Hanjaya Mahasiswa penerima beasiswa prestasi Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti 2019-

Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan