Mohon tunggu...
Laras Wara Dhinastrini
Laras Wara Dhinastrini Mohon Tunggu... Hey!

Be nice to one another and love yourself #ENDviolence

Selanjutnya

Tutup

Digital

Sudah Saatnya Perusahaan Anda Menggunakan Chatbot

9 Maret 2020   17:43 Diperbarui: 9 Maret 2020   17:37 23 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sudah Saatnya Perusahaan Anda Menggunakan Chatbot
Penggunaan Chatbot untuk Meningkatkan Customer Experience

Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi saat ini sudah membantu banyak aspek dalam kehidupan terutama dalam proses pertukaran informasi di dunia industri. Salah satu perkembangan teknologi tersebut adalah chatbot. Chatbot adalah program yang dibuat untuk menanggapi pesan secara otomatis. Chatbot dapat berupa audio maupun teks, bahkan saat ini sudah dapat digunakan dalam bentuk video. Chatbot bekerja dengan mekanisme kecerdasan buatan atau artificial intelligence dalam berkomunikasi dengan pengguna sehingga mampu membantu perusahaan menanggapi konsumen dengan cepat dan tepat.

Penggunaan chatbot di Indonesia semakin marak dalam beberapa tahun belakangan ini. Sudah banyak chatbot yang dapat membantu melayani berbagai macam industri misalnya dalam bidang telekomunikasi, retail, otomotif, financial services, kesehatan, e-commerce, pendidikan, bahkan UMKM. Berbagai macam industri tersebut berusaha untuk dapat merespon dengan cepat kebutuhan konsumennya sehingga kecepatan dan efisiensi saat ini sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kepercayaan konsumen kepada perusahaan.

Di era keterbukaan informasi saat ini, konsumen tentunya memiliki keluhan dan berbagai pertanyaan yang menginginkan jawaban dengan cepat dan tepat. Tentunya dengan hadirnya Chatbot, Anda dapat terbantu dalam menangani keluhan setiap saat bahkan di luar jam kerja sekalipun. Disinilah peran besar chatbot dalam hal menanggapi konsumen dan untuk meningkatkan kepuasan konsumen. Dengan menggunakan chatbot, Anda dapat menghemat waktu dalam menjawab seluruh respons pelanggan baik itu keluhan maupun pertanyaan dari pelanggan setiap harinya. Chatbot dapat membantu perusahaan Anda menghemat waktu dan juga mengurangi anggaran pengeluaran perusahaan Anda.

Apakah perusahaan Anda sudah menggunakan chatbot untuk mempermudah kinerja Anda? Chatbot dapat memberikan efisiensi untuk perusahaan Anda terutama untuk pekerjaan yang dapat diautomisasi terutama yang sifatnya berulang. Selain itu, chatbot memiliki jam kerja yang tidak terbatas. Chatbot dapat melayani konsumen selama 24 jam. Chatbot dapat digunakan di FB Messenger, Telegram, Line, Webchat, Mobile, Twitter, dan WhatsApp. 

Berbagai macam fitur yang dimiliki chatbot untuk membantu perusahaan Anda diantaranya adalah sebagai sarana informasi dan promosi, dapat melakukan broadcast message secara tepat untuk target audience, dapat digunakan untuk memberikan reward/point, dapat digunakan sebagai pengingat dan juga dapat melakukan transaksi untuk bisnis perusahaan Anda. Selain itu,  chatbot juga dapat digunakan untuk data validation yang salah satunya menggunakan video call untuk memverifikasi data, sehingga dengan menggunakan chatbot maka dapat  membantu perusahaan Anda untuk meningkatkan customer care dan juga customer engagement.

VIDEO PILIHAN