Mohon tunggu...
Laras Octawa Zimbalist
Laras Octawa Zimbalist Mohon Tunggu... Guru - Guru SD

Guru Sekolah Dasar Negeri kab Cianjur.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Kesimpulan dan Refleksi Pengetahuan dan Pemahaman Modul 1.1 Filosofi Hasil Pemikiran Menurut KHD (Tugas 1.1.9)

27 April 2021   15:13 Diperbarui: 27 April 2021   15:31 1774
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tugas Kesimpulan dan refleksi 1.1.9 LMS Calon Guru Penggerak

Pengetahuan dan pemahaman modul 1.1 Filosofi pendidikan hasil pemikiran Ki Hadjar Dewantara

Pertanyaan :

1. Apa yang saya percaya tentang murid dan pembelajaran di kelas sebelum saya mempelajari modul 1.1?

Sebelum saya mempelajari modul 1.1 pembelajaran di kelas lebih menekankan pada siswa harus belajar mencapai target sesuai denegan tuntutan kurikulum. Pembelajaran lebih berpusat bottom up artinya lebih berpusat kepada guru. Siswa hanya diberi kesempatan untuk menyimak penjelasan dari guru saja.

2 Apa yang   berubah dari pemikiran atau perilalku saya setelah mempelajari modul 1.1?

Saya sadar selama saya mealkukan kegiatan belajar mengajar dikeals, belum sepenuhnya memberikan ruang kemerdekaan pada siswa untuk berekspresi belajar sesuai dengan minat dan bakatnya. Siswa disama ratakan. Padahal siswa itu memiliki karakteristik yang beragam pada setiap anak.

3. Apa yang bisa segera saya terapkan lebih baik agar kelas saya mencerminkan pemikiran KHD?

Mulai saat ini, saya akan manerapkan strategi pembelajaran di kelas yang berpusat pada murid. Siswa diberi ruang untuk berekpresi, berkreasi sesuai denegan minat dan baka yang dimilikinya. Saya sebagai guru akan menuntun mereka. Bukan menuntut mreka sesuai dengan keinginan saya.

Itulah penjelasan saya mengenai kesimpulan dan refleksi tentang pengetahuan dan pemahaman modul 1.1 1 Filosofi pendidikan hasil pemikiran Ki Hadjar Dewantara. Sekian dan terimakasih.

Terimakasih kepada fasilitator Calon Guru Penggerak Bpk M. Rizki Abadi dan Pengajar Praktik Ibu Shella Mandalora, juga semua rekan-rekan CGP yang selalu memotivasi saya. Wassalamuaialkum wr wb.


HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun