Mohon tunggu...
Mayangthika
Mayangthika Mohon Tunggu... Guru - Guru Ekonomi SMA Taruna Terpadu Bogor || Penulis

Tetaplah belajar, menulis dan melahirkan sebuah karya yang suatu saat diakui oleh dunia. Setiap karya yang kita lahirkan punya takdirnya masing-masing.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Artikel Utama

"ABC Lima Dasar", Permainan Edukasi yang Paling Mudah dan Murah

30 Juli 2021   09:16 Diperbarui: 30 Juli 2021   19:15 550 14 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
"ABC Lima Dasar", Permainan Edukasi yang Paling Mudah dan Murah
ilustrasi tangan yang ikut main permainan ABC Lima dasar. (sumber: pixabay.com/sloechle)

Tahun 1990an, sewaktu saya kecil dulu sering bermain permainan yang jauh dari gadget. Karena memang gadget masih menjadi barang yang langka. 

Yang memiliki barang itu adalah mereka yang termasuk ke dalam golongan orang atas. Selain itu juga masih banyaknya tanah lapang yang bisa kami eksplore bersama teman-teman.

Setiap pulang sekolah atau hari libur, kami jarang ada di rumah. Kami mempunyai base camp sendiri, di sebuah pos ronda yang ada di ujung gang. Semua anak seperti sudah di beri komando, secara otomatis kami berkumpul di sana. Ah senang nya bila saya mengingat masa-masa itu.

Musim pandemi seperti sekarang, kegiatan banyak dilakukan di dalam rumah. Dari belajar hingga bermain. Tidak jarang pula sering dilanda kejenuhan. 

Saya sering mendapat protes dari anak-anak yang selalu "menagih" kapan kita jalan-jalan? Terkadang mereka mengerti dengan keadaan saat ini yang memang lebih baik di dalam rumah.

Namun, tidak jarang pula mereka tidak mau tahu dengan keadaan saat ini dan tetap meminta keluar rumah. Hmm sungguh merepotkan.

Suatu hari saya mendengar gelak tawa anak-anak di dalam kamar. Karena penasaran, saya mengintip mereka yang sedang asyik bermain. 

"ABC lima dasar..." sebuah yel-yel mereka nyanyikan. Langsung saya teringat sebuah permainan yang dulu juga pernah saya mainkan di tahun 90an ternyata masih awet hingga sekarang.

Nama permainan ini adalah ABC lima dasar, sebuah permainan edukasi yang paling murah meriah karena hanya membutuhkan jari-jari tangan kita sebagai alatnya. 

Permainan ini merangsang diri kita untuk membaca dan mempebanyak pengetahuan kita bila ingin memenangkan permainan ini. Bagaimana tidak, setiap bermain permainan ini kita "dipaksa" untuk berfikir dan pengetahuan kita menjadi seperti "dipertaruhkan".

Cara memainkan permainan ini pun sangat mudah. Anak-anak duduk melingkar, kemudian menyanyikan yel-yel nya sambil menaruh jari kita di atas lantai. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN