Mohon tunggu...
Mayangthika
Mayangthika Mohon Tunggu... Guru Ekonomi SMA Taruna Terpadu Bogor || Penulis

Tetaplah belajar, menulis dan melahirkan sebuah karya yang suatu saat diakui oleh dunia. Setiap karya yang kita lahirkan punya takdirnya masing-masing.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Artikel Utama

Semangat Belajar Turun, Coba 7 Cara Ini untuk Meningkatkan Kembali Semangat Belajar

24 Mei 2021   09:26 Diperbarui: 25 Mei 2021   02:15 689 8 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Semangat Belajar Turun, Coba 7 Cara Ini untuk Meningkatkan Kembali Semangat Belajar
Jaeyi Kim, siswi kelas 7 Sinarmas World Academy (SWA) berbagi pendapat tentang belajar di rumah guna meredam perluasan wabah corona (Sumber: edukasi.kompas.com)

Libur panjang telah usai, saatnya kamu kembali ke aktivitas rutin. Hari ini, mayoritas dari kamu pasti terasa lebih berat dari hari sebelumnya, entah kenapa serasa enggan untuk berpisah dari kasur. Ah, rasanya masih belum cukup untuk menjadi kaum rebahan selama liburan kemarin. Setuju?

Bagi kalian yang masih berstatus pelajar dan mahasiswa, akan menjadi sebuah dilema manakala di satu sisi kamu masih belum bisa move on dari liburan kemarin, namun di sisi lain kamu harus kembali belajar karena ujian sudah di depan mata. 

Baik sekolah daring atau tatap muka, keduanya tetap memerlukan konsentrasi dan semangat untuk menyerap ilmu yang diberikan.

Lalu bagaimana bila semangat belajar yang belum kunjung naik? 

Berikut 7 cara ini bisa membantu teman-teman semuauntuk meningkatkan kembali semangat belajar setelah libur panjang kemarin. 

1. Fokus pada tujuan
Menentukan tujuan atau target-target yang ingin dicapai dalam hidup akan memberi motivasi tersendiri untuk terus belajar.

Tulis daftar mimpi-mimpi di atas secarik kertas dan tempelkan di dinding kamar, agar setiap kali kamu bangun tidur kamu akan melihatnya dan semakin termotivasi untuk mewujudkannya.

Tentukan jangka waktu seberapa lama untuk bisa mewujudkannya sehingga akan lebih semangat untuk belajar dan belajar agar mimpi tersebut segera terwujud.

2. Atur kembali jadwal belajar
Manajemen waktu akan sangat berpengaruh terhadap semangat belajar. Terkadang semangat belajar berkurang disebabkan oleh manajemen waktu belajar yang tidak baik. Jadi pilih waktu belajar yang tepat. Namun jangan belajar teralu berlebihan karena hal tersebut justru akan memberi efek negatif.

3. Memulai belajar dengan rasa senang
Kondisi psikologis ketika akan memulai belajar akan berpengaruh pada kemampuan otak dalam menerima pelajaran. Oleh karena itu agar semangat belajar tetap terjaga, maka mulailah belajar saat kondisi batin dalam keadaan senang dan tenang.

Perasaan senang ketika belajar adalah suatu kondisi yang bisa diciptakan, maka tanamkanlah mindset dalam pikiran anda bahwa belajar adalah hal yang asyik dan seru. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN