Mohon tunggu...
Mayangthika
Mayangthika Mohon Tunggu... Guru Ekonomi Akuntansi SMK || Penulis

Tetaplah belajar, menulis dan melahirkan sebuah karya yang suatu saat diakui oleh dunia. Setiap karya yang kita lahirkan punya takdirnya masing-masing.

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Ternyata "Me Time" Bisa Membuat Kita Menjadi Tidak Produktif, Loh Kok Bisa? Ini Penjelasannya

17 Mei 2021   19:36 Diperbarui: 17 Mei 2021   19:45 73 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ternyata "Me Time" Bisa Membuat Kita Menjadi Tidak Produktif, Loh Kok Bisa? Ini Penjelasannya
Ilustrasi gambar. Sumber : Geulgram

Me time adalah menyediakan waktu untuk diri sendiri. Me time sangat dibutuhkan apalagi untuk kami para wanita karena me time dapat menurunkan stres, meningkatkan produktivitas, dan mengembalikan lebih banyak energi dan mengendalikan kesehatan mental. 

Di tengah hiruk pikuk pekerjaan kantor dan rumah yang tidak ada henti-hentinya membuat wanita lebih rentan terkena stress. Meluangkan beberapa menit waktu di sela kesibukan bisa mencharge energi dan semangat menjadi lebih fresh lagi. Oleh karena itu betapa pentingnya me time untuk kita.

Tapi jangan salah, melakukan me time dengan porsi yang berlebihan juga tidak baik dan bisa membuat kita menjadi tidak produktif loh. Kok bisa? 

Menggunakan me time terlalu lama di sela-sela bekerja akan membuat kita mentolelir keinginan untuk melakukannya dalam waktu yang lama sehingga kita menjadi lupa menyelesaikan berbagai hal yang seharusnya kita kerjakan. 

Dengan kata lain terlalu mencintai diri sendiri sehingga merasa harus selalu mengambil me time secara berlebihan justru bisa membuat kita lari dari tanggung jawab dan berujung menjadi tidak produktif.

Lalu bagaimana cara agar me time tidak merugikan diri kita sendiri?

Pengendalian diri yang baik adalah cara yang tepat agar acara me time tidak merugikan diri kita sendiri. 

Ketika kita bisa mengendalikan diri dengan baik, kita tidak akan mudah lari dari tanggung jawab pekerjaan menggunakan alasan butuh me time

Kontrol diri yang baik juga akan membuat kita menyadari bahwa apa yang kita butuhkan adalah me time yang sesuai dengan kebutuhan jiwa dan ragamu. Tidak lebih.

Berapa lama waktu me time yang ideal untuk beristirahat?

Setiap ahli bisa saja punya opini yang berbeda terkait hal ini. Namun, umumnya diketahui bahwa me time yang efektif berlangsung selama maksimal 30 menit dalam sehari. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x