Mohon tunggu...
Mayangthika
Mayangthika Mohon Tunggu... Guru - Guru || Penulis

~ Hujan kecil penghujung November ~

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Rangsang Minat Baca Anak Sejak Dini Yuk! Ini Caranya

16 Mei 2021   10:58 Diperbarui: 16 Mei 2021   11:12 232
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi Gambar. Sumber : seminarparenting.com

"Buku adalah jendela dunia." Ungkapan ini merupakan ungkapan yang tepat karena dengan membaca wawasan dan pengetahuan kita menjadi luas. 

Dahulu sewaktu saya kecil, bapak saya setiap minggu selalu membelikan buku bacaan. Majalah bobo adalah buku bacaan favorit saya kala itu. Majalah bobo merupakan majalah anak-anak pertama di Indonesia yang sudah berwarna. Didalamnya ada cerita bergambar tentang Bobo, seekor kelinci berwarna biru berusia sekitar sembilan tahunan. 

Selain cerita tentang karakter Bobo sendiri,  ada juga Cerita dari Negeri Dongeng, Bona Gajah Kecil Berbelalai Panjang, dan Paman Kikuk, Husin dan Asta. Harganya (tahun 1990an) masih Rp. 1.500 per buku. 

Setiap harinya saya selalu menunggu-nunggu akhir pekan tiba karena saat itulah saya mendapatkan edisi terbaru majalah Bobo. Saya selalu penasaran tentang cerita di edisi terbaru itu. Bapak setiap membeli majalah sebanyak 2-3, beliau bilang "ini untuk stok satu minggu ya." 

 Akhir pekan selalu di habiskan dengan membaca majalah bobo dan nonton tayangan tv yang kala itu bila akhir pekan selalu banyak film kartun. Sepertinya bila bisa kembali lagi ke masa-masa itu ah senangnya.

Kegiatan membaca dari saya sekolah dasar ternyata terbawa sampai sekarang. Waktu kuliah saya sering mampir ke toko buku di salah satu mall terbesar di Bandung. Sekedar melihat-lihat buku terbaru dan membeli beberapa buku yang membuat saya tertarik dan penasaran untuk membacanya. Bagi saya, ke toko buku itu sama seperti ke salon. Ada rasa senang dan bahagia tersendiri. Menjadi me time-nya saya.

Kini saya sudah mempunya tiga orang anak. Ketiganya sudah saya kenalkan dengan buku sejak mereka memasuki usia tiga tahun. Dan si sulung yang kini berusia 12 tahun sepertinya sudah mulai kelihatan mengikuti jejak saya. Jadi sekarang me time-nya ada teman deh. Hehehe.

Manfaat membaca.

Aktivitas membaca telah dibuktikan dapat meningkatkan konektivitas di otak. Pada orang dewasa penurunan memori dan fungsi otak adalah efek samping dari penuaan, tetapi membaca secara teratur dapat membantu memperlambat proses. Menjaga otak Anda aktif dapat memperlambat perkembangan penyakit Alzheimer dan demensia. Oleh karena itu, bacalah beberapa lembar buku/koran/majalah setiap harinya. Untuk memberikan stimulus atau rangsangan pada otak.

Tidak hanya itu saja, ternyata membaca juga memberikan banyak manfaat pada anak seperti:

  • Kemampuan Berpikir :  Membaca membuat anak mampu memahami isi cerita, sehingga itu dapat melatih kemampuan berpikir dalam berbagai situasi.

  • HALAMAN :
    1. 1
    2. 2
    3. 3
    Mohon tunggu...

    Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
    Lihat Humaniora Selengkapnya
    Beri Komentar
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

    Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun