Mohon tunggu...
Mayangthika
Mayangthika Mohon Tunggu... Guru Ekonomi Akuntansi SMK || Penulis

Tetaplah belajar, menulis dan melahirkan sebuah karya yang suatu saat diakui oleh dunia. Setiap karya yang kita lahirkan punya takdirnya masing-masing.

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Saat Sakit di Bulan Ramadan, Kita Tetap Bisa Mendapatkan Banyak Pahala, Ini Caranya

15 April 2021   06:00 Diperbarui: 15 April 2021   10:51 322 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Saat Sakit di Bulan Ramadan, Kita Tetap Bisa Mendapatkan Banyak Pahala, Ini Caranya
Sumber : Koleksi Pribadi

Ramadan adalah bulan yang sangat dinanti-nanti oleh seluruh umat muslim diseluruh penjuru dunia. Karena di bulan ini kita bisa melakukan banyak kegiatan yang bisa meng-upgrade iman kita dan berpahala tentunya. Semua ibadah kita lakukan dengan lebih rajin dari sebelumnya.

Meskipun tahun ini tidak seperti tahun yang lalu (saat Corona belum menyerang) namun kegiatan itu kali ini masih bisa kita lakukan walaupun tidak sebebas tahun lalu.

Lalu bagaimana bila kita sakit pada bulan Ramadan kali ini? Ssstttt, jangan berkecil hati dan sedih dulu. Kita masih bisa ngalap pahala di bulan yang istimewa ini.

Sekitar empat tahun yang lalu, saat Ramadan, Qodarullah saya sakit dan harus di rawat di  RS Muhammadiyah Bandung. 

Melihat keluar melalui jendela rumah sakit, orang-orang yang dengan senangnya melakukan rutinitas kegiatan ibadah dibulan Ramadan. 

Muai dari ramai orang berburu tajil di jalan sambil ngabuburit, buka puasa bareng teman-teman dan keluarga, berangkat sholat tarawih ke mesjid, mendengarkan kultum sampai ramai orang-orang membangunkan untuk sahur. Sedih memang. Membuat saya merasa iri. 

Sayup-sayup kemudian saya tidak sengaja mendengar kultum di salah satu masjid dekat dengan rumah sakit. Inti dari kultum itu menerangkan bagaimana cara kita agar tetap mendapat pahala walaupun kita dalam keadaan sakit dan tidak bisa melaksanakan ibadah puasa.

Isi dari kultum itu diantaranya:

  • Hal pertama yang harus di lakukan adalah terimalah sakit itu dengan Ikhlas

Menyadari bahwa sakit merupakah salah satu takdir dari Allah yang tidak bisa kita lewati. Semua sudah ditakdirkan bahkan sebelum kita lahir. Dengan hati yang ikhlas menerima insyaallah akan menjadi penggugur dosa-dosa yang telah kita perbuat di masa lalu.

Tidak mengapa, semoga sakitmu ini membersihkanmu dari dosa-dosa, insyaallah. (HR Bukhari) 

  • Sholatlah seperti biasa tepat pada waktunya. 

Bila masih bisa memungkinkan kita untuk wudhu maka berwudhulah sebagaimana biasanya, bila tidak ganti dengan tayamum. 

Dan sholatlah bila kita masih bisa lakukan dengan berdiri. Duduk atau sambil berbaring bila sudah tidak kuat berdiri.

  • Hutang puasa kita bisa ganti di hari lain atau dengan membayar fidyah. Sejumlah hari yang kita tinggalkan.
  • Bila masih bisa membaca Al-Qur'an maka bacalah namun bila tidak memungkinkan, mendengarkan murottal bisa menjadi pengganti. Karena dengan mendengarkan murottal kita juga sudah mendapat pahala.
  • Hati yang tetap berdzikir. Sakit raga semoga tidak membuat hati juga sakit. Dzikir dalam hati tentunya masih bisa dilakukan. Agar hati tenang maka rasa sakit yang kita alami tidak begitu menyiksa.

Jadi jangan bersedih lagi ya, beberapa tips dari isi kultum diatas bisa teman-teman coba lakukan agar kita juga tetap mendapat pahala di bulan yang suci ini.

Semoga Allah mengampuni dosa-dosa kita semua. Aamiin ya robbal alamiin.

Semoga menginspirasi.

 

VIDEO PILIHAN