Mohon tunggu...
Mayangthika
Mayangthika Mohon Tunggu... Guru Ekonomi Akuntansi SMK || Penulis

Tetaplah belajar, menulis dan melahirkan sebuah karya yang suatu saat diakui oleh dunia. Setiap karya yang kita lahirkan punya takdirnya masing-masing.

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Cara Asyik Kembangkan Hobi agar Menjadi Produktif, Inilah Caranya.

17 Maret 2021   06:00 Diperbarui: 17 Maret 2021   06:16 158 8 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Cara Asyik Kembangkan Hobi agar Menjadi Produktif, Inilah Caranya.
sumber: endeus.tv, edit teks: pribadi

Hobi. Satu kata yang semua orang pasti memilikinya. Setiap orang pastinya suka berlama-lama bila sedang melakukan hal yang satu ini, bahkan rela mengeluarkan sejumlah uang demi hobinya itu.

Selain bisa menghilangkan stres dan kejenuhan, hobi juga bisa untuk menstimulus diri untuk tetap sehat. Kita melakukan hobi yang kita sukai saja sudah menjadikan kita bahagia, apalagi kalau hobinya itu bisa kita kembangkan menjadi lebih menghasilkan, bisa menambah pundi-pundi rupiah kita. 

Lalu, hobi yang bagaimana yang bisa kita kembangkan agar lebih produktif? Hobi yang bernilai positif tentunya. Jadi kalau teman-teman semua ada yang hobinya ngerumpi, ayo segera beralih dan cari hal-hal yang lebih positif dan berguna.

Inilah cara asik untuk kembangkan hobi kita agar menjadi produktif:

1. Mulai dari sekarang.

Ada sebuah kalimat yang sering kita dengar yaitu "Kalau tidak sekarang, lalu kapan lagi?" Kalimat tersebut merupakan kalimat ajakan yang positif, karena kita tidak akan mencapai sukses kalau kita tidak pernah memulainya. 

Kumpulkan niat dan mulailah dari sekarang.

2. Perluas informasi.

Jaman Milenial sekarang, untuk mencari sebuah informasi sudah sangat mudah. Selain banyak membaca buku yang relevan dengan hobi kita, kita juga bisa mencarinya di berbagai situs atau media sosial di internet. Cari sebanyak-banyaknya agar otak kita bisa mendapatkan gambaran tentang hobi kita secara luas.

Menggunakan fasilitas kemudahan internet menjadi salah satu cara memperluas informasi.

3.  Cari teman yang satu hobi.

Hobi yang kita punya tidak akan berkembang bila kita hanya melakukannya sendiri. Ikuti komunitasnya dan Sharing dengan teman yang punya hobi yang sama, selain akan memperluas jaringan pertemanan, juga bisa menambah wawasan. Kita bisa mengambil pelajaran dari pengalaman-pengalaman yang sudah dialami oleh teman kita. Dan kita bisa coba ikuti dengan metode ATM (Amati Tiru Modifikasi).

Banyaknya teman yang satu hobi, membuat kita lebih bersemangat untuk mengembangkan hobi kita.

4. Jangan takut dan malu untuk mencoba.

Lebih baik mencobanya lalu gagal, daripada tidak pernah mencobanya sama sekali. Berhasil itu di tentukan oleh 99% usaha kita lalu sisanya adalah bakat yang kita miliki. Artinya, semua orang berkesempatan untuk sukses walaupun dia hanya memiliki sedikit bakat atau sama sekali tidak memilikinya. Habiskan semua "jatah" gagal kita, maka untuk selanjutkan insyaallah kita akan menemukan kesuksesan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN