Mohon tunggu...
Sarasvati
Sarasvati Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Content Writer

Pekerja media yang senang menulis hal-hal yang sedang tren maupun lawas.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Profil Asnawi Mangkualam, Pemain Penting Timnas Indonesia yang Absen di Semifinal SEA Games 2021

19 Mei 2022   11:23 Diperbarui: 19 Mei 2022   11:48 100 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Asnawi Mangkualam mencetak gol kelima timnas U-23 Indonesia saat menghadapi Filipina(Redaksi Kompas.com)

Timnas Indonesia U-23 akan bertanding melawan Thailand di semifinal SEA Games 2021 pada Kamis 19 Mei 2022.

Timnas U-23 Indonesia harus kehilangan satu pemain intinya, yaitu Asnawi Mangkualam Bahar. Pemain yang agresif di sektor kanan ini harus absen pada semifinal SEA Games 2021 yang akan dilaksanakan pada Kamis (19/5) pukul 16.00 WIB dikarenakan akumulasi kartu kuning yang ia dapatkan. Lantas, apakah pertahanan Timnas Indonesia akan tetap kuat tanpa Asnawi? Siapakah Asnawi Mangkualam Bahar? Berikut profil Asnawi Mangkualam!

Profil hingga Perjalanan Karier Asnawi Mangkualam 

Asnawi Mangkualam adalah pemain Timnas Indonesia yang lahir pada 4 Oktober 1999 di Makassar. Ia lahir sebagai anak sulung dari pasangan Bahar Muhammar dan Fatmawati Resak, serta memiliki dua adik.

Baca juga: Demi Cuan atau Prestasi? Motif Tersembunyi Ansan Greeners Perpanjang Kontrak Asnawi

Minat Asnawi Mangkualam Bahar terhadap sepak bola karena sosok ayahnya yang merupakan seorang legenda sepak bola Makassar yang memperkuat PSM Makassar pada awal dan akhir kariernya.

Asnawi Mangkualam Bahar pun memulai kariernya sebagai pesepak bola dengan mengikuti seleksi Timnas U-16. Namun karena gagal, ia akhirnya diterima di tim PSS Makassar untuk mengikuti ISC A 216.

Baca juga:  Tidak Hanya di Indonesia, Sikap "Asnawi" Juga Disoroti Media Asing, Pelajaran Besar bagi Kita

Tahun 2017, berkat kegigihannya, Asnawi pun direkrut PSM Makassar. Setelah 4 tahun bersama PSM Makassar, Asnawi Mangkualam Bahar pergi ke Korea Selatan bersama Ansan Greeners FC yang merupakan klub kasta kedua di laga Korea Selatan

Asnawi Mangkualam Bahar tercatat sebagai pemain muda yang melakukan debut  pertamanya bersama Timnas Indonesia melawan Myanmar pada usia 17 tahun. 

Pada 12 Desember 2021, Asnawi mencetak gol pertamanya melawan Laos dalam lanjutan Grup A Piala AFF 2020. Kini, Asnawi Mangkualam tercatat sebagai kapten Timnas Indonesia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan