Mohon tunggu...
Laras Sarasvati
Laras Sarasvati Mohon Tunggu... Reporter

Work in media industry and love to write anything about lifestyle

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Tahun Ini Enggak Bisa Mudik? Jangan Sedih Dulu....

21 April 2020   19:35 Diperbarui: 21 April 2020   19:31 69 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tahun Ini Enggak Bisa Mudik? Jangan Sedih Dulu....
Suasana kepadatan di jalur Pantura Palimanan, saat kendaraan pemudik melintas di Cirebon, Jawa Barat, Minggu (9/6/2019). H+4 Lebaran yang jatuh pada Minggu (9/6) merupakan puncak arus balik jalur Pantura yang didominasi kendaraan sepeda motor.(ANTARA FOTO/DEDHEZ ANGGARA)

Momen yang paling ditunggu setelah puasa Ramadan adalah mudik Lebaran ke kampung halaman. Biasanya pemudik akan melakukan tradisi ini sebelum Idul Fitri maupun setelah Idul Fitri. Namun, tahun ini pemerintah melarang mudik lebaran guna mencegah penyebaran virus covid 19. Larangan mudik lebaran tersebut disampaikan melalui Presiden Jokowi Widodo dalam rapat terbatas hari ini (21/4/2020).

Pelarangan mudik lebaran akan diberlakukan mulai tanggal 24 April 2020. Sanksi tegas pun mulai diberlakukan pada tanggal 7 Mei 2020 bagi masyarakat yang melanggar. Namun, meski tahun ini tidak dapat mudik lebaran, beberapa hal ini bisa kamu lakukan di rumah:

1. Makan ketupat dan opor ayam

Ilustrasi Opor ayam(AmalliaEka)
Ilustrasi Opor ayam(AmalliaEka)
Lebaran Idul Fitri rasanya belum lengkap kalau tidak ada ketupat maupun opor ayam. Cara membuat ketupat pun cukup mudah, bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain beras, beberapa bungkus anyaman ketupat (cari yang sudah jadi, atau buat sendiri), garam dan daun pandan. 

Nah, untuk bahan opornya pun antara lain ayam, bawang merah, bawang putih, daun salam, ketumbar, lada biji. Cara membuatnya pun cukup mudah, kamu bisa mencarinya di cookpad ataupun di majalah masak memasak.

2. Nonton Film

Ilustrasi aplikasi Netflix di smartphone.(KOMPAS.com/Bill Clinten)
Ilustrasi aplikasi Netflix di smartphone.(KOMPAS.com/Bill Clinten)
Biasanya momen Lebaran, akan banyak film-film bagus yang ditayangkan di saluran televisi. Namun, terkadang enggak semuanya sesuai dengan genre yang kita inginkan. Nah, kamu bisa nih coba layanan streaming film, seperti dari Netflix, VIU, Iflix, dan juga HOOQ.

3. Main Games

Ilustrasi game PlayerUnknowns BattleGrounds.(PUBG Corporation)
Ilustrasi game PlayerUnknowns BattleGrounds.(PUBG Corporation)
Emang enggak ada hobi yang lebih seru selain main games. Buat kamu pecinta games, beberapa games ini enggak kalah seru loh dari PUBG, seperti Ring of Elysium, Wangzhe Rongyao (King of Glory), Arena of Valor (AOV), dan CrossFire - Legends.

4. Video Call

Ilustrasi video call atau panggilan video.(SHUTTERSTOCK)
Ilustrasi video call atau panggilan video.(SHUTTERSTOCK)
Meski enggak bisa ketemu langsung, silaturahmi jangan putus. Kamu bisa lebaran lewat aplikasi video call, seperti Google Hangout, zoom, Skype, WhatsApp dan juga Google Duo. Pastikan juga jaringan internet kamu lancar yaa, supaya komunikasi berjalan lancar.

5. Rebahan (Lagi)

Liburan di rumah juga bisa lebih menyenangkan(Shutterstock)
Liburan di rumah juga bisa lebih menyenangkan(Shutterstock)
Mau gamau, pandemi ini membuat kita harus stay at home dan mungkin rebahan (lagi) cara terbaik untuk melindungi diri kita dari ancaman virus Covid 19.

Meskipun Lebaran tahun ini tidak bisa mudik, 5 kegiatan di atas dapat kamu lakukan saat Lebaran nanti. Jangan sedih yaaa, semoga pandemi ini segera berakhir.

VIDEO PILIHAN