Mohon tunggu...
Lapas Namlea
Lapas Namlea Mohon Tunggu... Lainnya - Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Namlea

Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Namlea merupakan salah satu UPT Pemasyarakatan dibawah naungan Kanwil Kemenkumham Maluku

Selanjutnya

Tutup

Halo Lokal

Kamis Religi, Cara Lapas Namlea Bina Kerohanian WBP

29 September 2022   19:00 Diperbarui: 29 September 2022   19:08 48 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber : Humas Lapas Namlea

Namlea, INFO_PAS - Pembinaan kerohanian bertajuk 'Kamis Religi' dilaksanakan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Namlea terhadap Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Kamis (29/9). Kegiatan yang dilaksanakan setiap Kamis pagi ini diikuti seluruh WBP di Gereja Getsemani dan Masjid Sultan Al-Akhyar Lapas Namlea.

Dimonitor langsung oleh Kepala Lapas Namlea, Ilham, kegiatan 'Kamis Religi' yang melibatkan WBP beragama Islam dan Kristen berlangsung dengan suasana khidmat dan khusyuk. "Kamis pagi adalah saat di mana WBP melaksanakan pembinaan kerohanian. Giat yang dilakukan satu pekan sekali ini kami sebut 'Kamis Religi' karena berkaitan erat dengan pembinaan agama dan kepercayaan yang dianut WBP," terangnya.

Ilham mengatakan saat kegiatan 'Kamis Religi' dilaksanakan, WBP dibina berbagai hal yang menyangkut dengan keagamaan Islam maupun Kristen. "Bagi WBP yang beragama Islam melakukan kegiatan pendalaman ilmu Al-Qur'an dan mendengarkan tausiah. Bagi yang beragama Kristen melaksanakan berdoa bersama, menyanyikan lagu pujian, mendengarkan khutbah, dan mengumpulkan persembahan," urainya.

Sumber : Humas Lapas Namlea
Sumber : Humas Lapas Namlea

Mantan Kalapas Banda itu juga mengaku berkat giat yang digelar secara rutin ini, banyak WBP yang sudah mengalami perubahan dalam hal tingkah laku, yakni lebih mendekatkan diri dengan Tuhan dan memperdalam ilmu agama.

 "Alhamdulillah, walaupun tidak mudah, perlahan-lahan kami bisa bimbing WBP dengan pembinaan kerohanian yang secara rutin dilaksanakan. Apabila dilaksanakan terus-menerus, kami yakin seiring berjalannya waktu perilaku maupun kepribadian WBP akan berubah menjadi lebih baik, terutama ketika sudah bebas nanti. WBP tidak akan lagi mengulangi tindak pidana dan akan bermanfaat bagi lingkungan sekitarnya," pungkas Ilham. (IR)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Halo Lokal Selengkapnya
Lihat Halo Lokal Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan