Mohon tunggu...
LAPAS KELAS I PALEMBANG
LAPAS KELAS I PALEMBANG Mohon Tunggu... Editor - LAPAS KELAS I PALEMBANG

LAPAS KELAS I PALEMBANG

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan

Perhatikan Hak Setiap WBP, Lapas Kelas I Palembang Lakukan Pemeriksaan Kesehatan

5 Oktober 2022   10:01 Diperbarui: 5 Oktober 2022   10:09 39 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Perhatikan Hak Setiap WBP, Lapas Kelas I Palembang Lakukan Pemeriksaan Kesehatan.

Palembang - Sebagai upaya untuk memenuhi hak kesehatan setiap Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Palembang Kemenkumham Sumsel melalui petugas kesehatan memberikan pelayanan pemeriksaan kesehatan kepada WBP yang berkunjung ke Poliklinik Lapas, Rabu (05/10/2022).Pelayanan kesehatan yang diberikan oleh Lapas Kelas I Palembang Kemenkumham Sumsel kepada WBP dilakukan secara gratis tanpa memungut biaya apapun. Hal ini merujuk kepada Pasal 14 ayat 1 Peraturan Pemerintah RI Nomor 32 Tahun 1999 yang menyatakan bahwa setiap Narapidana dan Anak berhak memperoleh pelayanan kesehatan yang layak.

Seperti yang terlihat pada saat ini, salah satu petugas kesehatan Lapas Merah Mata, Wawan sedang melakukan pemeriksaan bagi warga binaan yang datang ke poliklinik. Pemeriksaan yang dilakukan meliputi pengecekan tekanan darah, pemeriksaan gula darah dan asam urat. Pada kesempatan ini Wawan juga memberikan edukasi mengenai kesehatan.

Dok Pribadi
Dok Pribadi
Kalapas Kelas I Palembang, Yulius Sahruzah Menegaskan "Pelayanan kesehatan yang selalu kita berikan kepada setiap Warga Binaan di Lapas Kelas I Palembang terdiri dari Pelayanan kesehatan di Poliklinik, Peninjauan keadaan WBP pada Blok Hunian, skrining penyakit, pencegahan penyakit, penyuluhan dan edukasi, serta pemeriksaan  kebersihan blok dan kamar hunian" Ucap Yulius.

Sementara itu, Yulius Sahruzah selaku Kalapas di Lapas Kelas I Palembang mengatakan pemeriksaan kesehatan yang dilakukan sebagai upaya dalam mengoptimalkan pelayanan kesehatan Warga Binaan.

Dok Pribadi
Dok Pribadi
"Dalam memberikan pelayanan kesehatan kita juga telah bersinergi bersama Dinkes terkait melalui Puskesmas Mariayana untuk melakukan pemeriksaan kesehatan rutin setiap bulannya serta pemberian obat-obatan bagi warga binaan di Lapas Kelas I Palembang. Dengan ini, kita ingin semua Warga Binaan disini bisa mendapatkan pelayanan kesehatan secara optimal," pungkas Maulana. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan