Mohon tunggu...
Lapas Terbuka Kendal
Lapas Terbuka Kendal Mohon Tunggu... Administrasi - Sarana Asimilasi dan Edukasi Warga Binaan Pemasyarakatan

Lapas Terbuka Kendal merupakan salah satu Unit Pelaksana Teknis yang terletak di Kabupaten Kendal, dibawah naungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Jawa Tengah. Lapas Terbuka Kendal menjalankan tugas sebagai tempat pembinaan, asimilasi Warga Binaan Pemasyarakatan (Narapidana).

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan

Warga Binaan Lapas Terbuka Kendal Semakin Terampil Operasionalkan Alsintan

29 September 2022   14:48 Diperbarui: 29 September 2022   14:51 57 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kendal (29/09) - Alsintan (alat dan mesin pertanian) sangat dibutuhkan di Lapas Terbuka Kendal untuk menunjang kegiatan kemandirian khususnya di bidang pertanian. Adanya alsintan yang memadai diharapkan pengolahan lahan dapat dikerjakan dengan cepat sehingga bisa menghemat biaya dan waktu.

Lapas Terbuka Kendal memiliki beberapa alsintan diantaranya traktor roda empat yang sampai saat ini masih bisa digunakan dan berfungsi dengan baik untuk pengolahan lahan.

Pengoperasian traktor roda empat dilakukan oleh petugas yang sudah mengikuti pelatihan sehingga keahlian tersebut bisa disalurkan ke rekan-rekan petugas yang lain bahkan ke warga binaan. Pengoperasian alsintan melibatkan warga binaan merupakan salah satu bentuk upaya lapas agar warga binaan mempunyai  pengalaman yang berbeda dan ahli dalam mengoperasikan traktor roda empat untuk pengolahan lahan.

Puji selaku operator yang juga Kepala Sub Seksi Kegiatan Kerja menuturkan "Luas lahan yang akan digarap hampir 20 ha dengan adanya traktor roda empat ini bisa memangkas waktu,menekan biaya dan menghemat tenaga, apalagi ada keterlibatan warga binaan dalam pengoperasian alat ini", tuturnya.

Harapannya, warga binaan yang sudah melalui tahapan demi tahapan belajar sampai bisa mengoperasikan alsintan bisa menjadi bekal kelak apabila diluar nanti ada yang membutuhkan operator traktor khususnya roda empat.

Salah satu warga binaan yang mengoperasikan traktor berinisal Y mengatakan, "Ini pertama kali buat saya mengoperasikan traktor, pembajakan menjadi lebih mudah serta cepat selesai", ungkap Y.

"Terima kasih kepada petugas Lapas yang telah melatih saya, mengoperasikan traktor merupakan pengalaman luar biasa yang saya dapat selama menjalani hukuman di Lapas Terbuka Kendal", pungkas Y.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan