Mohon tunggu...
Trie Yas
Trie Yas Mohon Tunggu... Sehari-hari bekerja sebagai Graphic design, editing foto, editing video (motion graphic). Namun tetap menulis buat menyeimbangkan hidup.

Sehari-hari bekerja sebagai Graphic design, editing foto, editing video (motion graphic). Namun tetap menulis buat menyeimbangkan hidup.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Lepas dari Narkoba dan Kerispatih, Sammy Simorangkir Semakin Bersinar

26 Mei 2015   04:00 Diperbarui: 13 Agustus 2015   21:35 151 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Lepas dari Narkoba dan Kerispatih, Sammy Simorangkir Semakin Bersinar
1432586861869823076

[caption id="attachment_420218" align="aligncenter" width="614" caption="Sammy Simorangkir bernyanyi lagu Batak dengan mengajak Sang Ayah D.N Simorangkir ke panggung"][/caption] Narkoba memang dekat dengan dunia malam dan artis, sudah beberapa artis yang terjerat barang haram tersebut. Dan ada diantara mereka keluar masuk sel dan rehabilitasi. Tetapi ada juga yang setelah keluar mendapat pelajaran dan karirnya mulai melesat. Semakin kreatif. Salah satunya Hendra Samuel Simorangkir atau Sammy Simorangkir yang sebelum tertangkap sebagai pengguna Narkoba lebih dikenal sebagai vocalis Band Kerispatih.

Karirnya dalam Band Kerispatih cermelang terbukti dengan album-albamnya yang banyak menjadi hits seperti Suara Sammy cocok dengan Band yang dibentuk oleh Badai, Arief, Andika dan Anton yang merupakan teman satu kampus. Tercatatan 4 album mereka lahirkan, Kejujuran Hati (2005), Kenyataan Perasaan (2007), Tak Lekang Oleh Waktu (2008) dan Semua Tentang Cinta (2009).

Seriring berjalanan waktu, dan kesuksesan album-albumnya Kerispatih mulai dikenal dan dicintai para penikmat musik tanah air, dari situlah, nama Sammy mencuat seperti band-band lainnya dimana sang vocalis selain suara bagus, aura personality sangat digemari dan lebih tenar dibandingkan personil lainnya. Meski di Band Kerispatih yang menjadi Leader Badai, keyboardis dan pencipta lagu. Suara tetap menjadi nomor satu yang paling diingat di telinga para pendengar.

Kehidupan seorang vocalis tidak lepas dari sorot kamera. Begitu juga kehidupan dari bungsu dari tiga bersaudara ini. Sammy sempat dicap Playboy karena tertangkap kamera beberapa kali menggandeng cewek seperti Nania Idol (teman ketika menjadi peserta idol) Andrea Dian yang merupakan model video klip “Mengenangmu” lagu singgel di album Kenyataan Perasaan. Hubunganya dengan Andrea Dian sempat menjadi sorotan media infotaimen karena ditengarai Sammy selingkuh.

Tidak hanya masalah perempuan, di penghujung tahun  2009 dituduh melakukan pencurian mobil lantas disusul dengan kasus narkoba di bulan Februari 2010. Di sebuah kamar kost daerah Pedurenan Sawit Setiabudi, Jakarta Pusat ditemukan paket sabu-sabu dan juga alat hisap. Sammy dibawa ke Polres Jakpus. Dari hasil tes urine, Sammy positif mengonsumsi narkoba dan membuatnya dijerat Undang-Undang Narkotika dengan ancaman hukuman maksimal 12 tahun.Ternyata Sammy menggunakan narkoba sejak masih duduk di bangku SMA. Saat itu, dia berhasil dipulihkan setelah dipeluk dua hari, dua malam oleh kedua orangtuanya.

[caption id="attachment_420219" align="aligncenter" width="553" caption="Sammy juga mengajak sang Ibunda Tiur Ida Simanjuntak bernyanyi."]

1432587096193101940
1432587096193101940
[/caption]

Orang tua dan keluarga tetap mendukung dan setia mendamping Sammy. Mereka yakin dengan dukungan keluarga juga sahabat-sahabat terdekat Sammy akan pulih lagi. Tetapi Sammy harus menerima konsesuansi menghisap sabu selain berurusan dengan aparat penenggak hukum. Harus kehilangan posisi di Band yang sudah membesarkan namanya. Meski Sammy mengaku terpaksa pakai narkoba karena tengah depresi setelah dipaksa Kerispatih.

Ternyata di tubuh Kerispatih Semmy sudah bermasalah dengan teman-temannya. Dan seolah teman temannya sudah mencurigai Sammy berhubungan dengan barang haram bernama narkoba jadi membuat surat perjanjian yang isinya menyatakan jika Sammy terlibat narkoba, harus kembalikan uang Rp500 juta untuk Kerispatih. Tetapi Sammy belum menandatangani dan tak lama tertangkap.

Seorang Ibu bisa menguatkan Anaknya.  Seorang ibu tak akan membiarkan anaknya menangis sendiri dan senakal-nakalanya anak pasti akan dibela, disayang dalam pelukan. Tiurlan Ida Simajuntak. Ibunda Sammy yang dangan setia mendampingi dan mendoakan Sammy hingga  akhirnya 3 Februari 2011 dibebaskan dan beberapa bulan menjalani rehabilitasi agar bersih dari pengarauh narkoba hingga akhirnya kembali lagi di dunia musik dengan bersolo karir.

Sepertinya Sammy memetik pelajaran dari kasus narkoba seniornya Ari Lasso, mantan vocalis Band Dewa 19 yang dipecat karena memakai narkoba dan bisa lepas lantas kembali ke dunia musik dan sukses .

Narkoba memang pernah membunuh karir musiknya di Band Kerispatih, tetapi juga gerbang awal kebangkitan Semmy di dunia musik. Disaat nama dan karya  Kerispatih mulai redup, Nama Sammy mulai bersinar, tetapi tak perlu ada dendam. Masa lalu adalah  guru terbaik untuk menggegam masa depan. Mungkin tanpa kasus narkoba dan dikeluarkan dari band Sammy tidak akan berdiri menjadi seperti yang sekarang. Sammy tetap mendoakan yang terbaik untuk Kerispatih ke depannya.

Sammy juga tak menolak ketika dipertemukan dengan  Kerispatih di panggung. Pada tanggal 24 April 2014 mereka mengadakan reuni Konser yang bertajuk ‘Historical Moment Kerispatih with Sammy Simorangkir’ membawakan beberapa lagu lagu yang menjadi hits Kerispatih ketika masih bervokaliskan dirinya. Dan juga akan berduet bersama vokalis Kerispatih yang sekarang, Fandy. Dan berjalan sukses dengan dipadati penonton.

Kesuksesan Sammy sekarang tak lepas dari dukungan keluarga yang besar dan selalu menaruh kepercayaan tinggi akan pilihan Sammy, terbukti ketika tampil di Galeri Indonesia Kaya bekerja sama dengan HELLO! Kedua orang tua Semmy datang terlebih dalam acara mini konser Tribute to Sumatera Utara. Sammy menyanyikan lagu-lagu leluhurnya Sumatera Utara seperti Sai Anju Ma Au, Annaku Naburju, Andung, Nasonang Dohita, Alusia, Situmorang, dan lagu – lagu lainnya. Diiringi oleh nuansa musik tradisional namun, dibalut dengan aransemen kontemporer yang membuat lagu – lagu ini semakin mudah didengar.

Manusia tidak pernah bisa lepas dari salah, tetapi yang terbaik adalah menjadikan masalah sebagai guru dan motivasi dalam menggenggam cita-cita. Sudah banyak penyuluhan dan iklan-iklan tentang bahaya narkoba, lantas apa kita tetap ingin mencobanya ? Tidak...

Hidup ini indah tanpa Narkoba*** [caption id="attachment_420221" align="aligncenter" width="553" caption="Setelah lepas dari Kerispatih dan kasus narkoba, Sammy semakain bersinar dalam berkarya. Penggemarnya pun semakain banyak"]

14325872441544126464
14325872441544126464
[/caption] [caption id="attachment_420223" align="aligncenter" width="553" caption="Solosis ataupun Band, Semmy tetap keren dan suaranya semakin mantap !"]
14325873861968493984
14325873861968493984
[/caption] Foto-foto: Koleksi Pribadi (Trie yas) www.kompasiana.com/lannang

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x