Mohon tunggu...
Lanjar Wahyudi
Lanjar Wahyudi Mohon Tunggu... Pemerhati SDM

Menulis itu mengalirkan gagasan dengan segala riak dan gelombangnya, sampai akhirnya menjadi lautan tulisan yang luas dan indah. Bisa hubungi saya di: lanjar.w77@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Ingin Komunitasmu Eksis, Perhatikan Ini!

3 April 2021   13:51 Diperbarui: 6 April 2021   12:39 238 33 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ingin Komunitasmu Eksis, Perhatikan Ini!
Ilustrasi Komunitas Sepeda Wanita. Sumber: Dokpri.

Kebahagiaan akan selalu datang di tengah kebersamaan. Apa pun itu, lakukanlah bersama-sama. Hidup ceria dan bahagia ketika senyum bersama. #nn

Komunitas berasal dari bahasa Latin communitas yang berarti "kesamaan", pada umumnya memiliki ketertarikan pada hal yang sama, atau memiliki tujuan dan kebutuhan yang sama.

Salah satu komunitas yang menarik untuk diamati adalah komunitas sepeda, yang tersebar di berbagai tempat di tanah air. Komunitas sepeda berangkat dari kesamaan hobi olah raga sepeda, tentu tujuan berolah raga ini adalah untuk mendapatkan tubuh yang sehat, fit, dan juga refreshing atau rekreasi. 

Dalam perkembangannya olah raga sepeda bermanifestasi dalam banyak kegiatan-kegiatan turunan yang  bervariasi. 

Mulai dari arisan kelompok sepeda, bisnis sepeda, fotografi, sampai dengan kegiatan sosial seperti komunitas donor darah, pembagian makanan gratis, sumbangan kepada lembaga sosial seperti panti asuhan dan panti wredha, dan sebagainya.

Ilustrasi Komunitas Kecil Pesepeda. Sumber: Dokpri.
Ilustrasi Komunitas Kecil Pesepeda. Sumber: Dokpri.
Komunitas yang mampu menjaga tujuan keberadaannya akan relatif bertahan lama dan menjadi magnet bagi perseorangan, kelompok lain, maupun masyarakat awam untuk bergabung. 

Salah satu hal yang membuat komunitas bisa bertahan lama bahkan semakin berkualitas adalah adanya kohesivitas kelompok. Yaitu daya tarik emosional sesama anggota kelompok yang saling  menyukai, saling membantu, dan secara bersama-sama saling mendukung untuk tetap bertahan dalam kelompok untuk mencapai tujuan bersama. 

Tujuan bersama itu bisa berupa tumbuhnya rasa persaudaraan yang kuat, pencapaian hasil kerja, terselesainya sebuah kegiatan, atau sekedar bersenang-senang. Dalam bahasa sederhana kohesivitas kelompok boleh disebut sebagai kekompakan kelompok.

Ilustrasi Merayakan Ulang Tahun Anggota Komunitas. Sumber: Dokpri.
Ilustrasi Merayakan Ulang Tahun Anggota Komunitas. Sumber: Dokpri.
Keterlibatan anggota kelompok untuk saling memperhatikan satu sama lain menjadi faktor penting untuk mengelola kohesivitas kelompok. 

Hal ini bisa diaktualisasikan dengan membuat variasi acara bersepeda yang menarik, misal merayakan hari ulang tahun anggota, mengucapkan selamat atas pembukaan usaha baru, mengucapkan selamat atas keberhasilan studi, mengunjungi  anggota yang sakit, atau yang berdukacita.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x