Mohon tunggu...
Lanjar Wahyudi
Lanjar Wahyudi Mohon Tunggu... Menulis itu indah

Didalam menulis ada proses mengalirkan gagasan dengan segala riak dan gelombangnya, sampai akhirnya menjadi bagian dari lautan tulisan yang luas dan indah. Bisa hubungi saya di: lanjar.w77@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Finansial Pilihan

Mampukah Karyawan Biasa Menyiapkan Warisan Miliaran Rupiah?

1 April 2020   20:04 Diperbarui: 1 April 2020   21:22 86 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mampukah Karyawan Biasa Menyiapkan Warisan Miliaran Rupiah?
Ilustrasi emas (sumber:Pixabay.com)

Kata warisan identik dengan peninggalan berupa tanah, rumah, mobil, perhiasan, dan uang.  Orang tua yang semasa hidup bisa menyiapkan warisan bagi anak-anaknya tentu akan merasa berbahagia, tenang, dan bangga di masa tuanya karena tidak perlu kuatir  anak-anak yang ditinggalkan nanti akan hidup berkekurangan. Berbeda dengan anak-anak yang kurang beruntung karena ketika orang tuanya meninggal justru memikul warisan hutang yang akhirnya membebani kehidupannya ke masa depan.

Kadang-kadang kita sebagai karyawan biasa merasa berkecil hati, apa mampu menyiapkan warisan yang bernilai tinggi dan layak bagi  anak-anak kita dimasa depan? Ingatlah pepatah bahwa dimana ada kemauan disitu ada jalan, dan tidak hanya satu jalan loh, sebab orang bijak berkata bahwa ada seribu jalan ke Roma. Artinya jika kita memiliki niat yang tulus dan kuat untuk membahagiakan keluarga kita pasti akan Tuhan berikan jalan keluarnya.

Nah, sekarang bagaimana cara menyiapkan warisan bagi anak-anak kita?

Cara pertama,  kita  bekerja keras dan sungguh-sungguh sehingga hasil kerja kita bisa dibelikan asset atau harta benda yang bisa diwariskan kepada anak-anak kita. Misal, membeli tanah dan rumah yang nantinya bisa diwariskan kepada anak-anak. 

Memang tidak mudah mengumpulkan uang agar bisa membeli tanah atau rumah, apalagi harga rumah dan tanah akan selalu naik setiap tahunnya, tidak sebanding dengan kenaikan gaji yang kita dapat. 

Bila kita memiliki anak lebih dari satu, maka akan adil bila kita juga menyiapkan warisan rumah atau tanah satu-satu untuk anak-anak kita supaya tidak terjadi konflik diantara mereka di kemudian hari. 

Jangan lupa bahwa peralihan hak atas  tanah atau rumah dari kita kepada anak-anak yang menerima warisan tersebut akan dikenakan pajak oleh negara yang nilainya cukup besar juga. 

Cara ini adalah cara paling tradisional yang bisa dilakukan oleh semua orang, masalahnya tidak semua orang mampu melakukan ini karena mahal, dan membutuhkan waktu yang relatif lama untuk menyiapkannya sementara panjang-pendek umur kita tidak seorangpun yang tahu.

Cara yang kedua adalah, memanfaatkan perusahaan asuransi. Biasanya perusahaan asuransi jiwa menjual produk asuransi dengan manfaat uang pertanggungan jiwa yang akan cair ketika orang tua meninggal dunia. 

Kita bisa memilih sendiri berapa besarnya uang pertanggungan jiwa  yang nilainya  cukup layak dan memadai sebagai warisan bagi anak-anak yang kita tinggalkan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN