Mohon tunggu...
Langit Muda
Langit Muda Mohon Tunggu... Daerah Istimewa Yogyakarta

Terimakasih Kompasiana, memberi kesempatan membaca dan menulis.

Selanjutnya

Tutup

Transportasi

Apakah Sebenarnya Fungsi Palang Pintu Kereta bagi Orang Indonesia?

27 Juli 2020   10:39 Diperbarui: 27 Juli 2020   10:53 41 18 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Apakah Sebenarnya Fungsi Palang Pintu Kereta bagi Orang Indonesia?
(dokpri)

Tendangan jancok penyelamat nyawa. Seorang pria nekat hendak menerobos palang pintu kereta  yang sudah ditutup. Untunglah dua relawan yang berjaga segera mencegahnya. Seorang relawan sampai menendang motor untuk memaksa pria itu mundur, dan berteriak, "Jancok ..." Itulah sebuah potongan klip video yang sempat populer di social-media. 

Banyak komentar yang mendukung tindakan relawan tersebut. Orang Indonesia kalau tidak dipaksa dan diteriaki, mungkin tak mengerti, kalau nyawanya sebenarnya sedang diselamatkan. Ditendang sepuluh kali agar nyadar pun masih layak, ketimbang nyawa melayang terlibas kereta api.

Emak-emak vs palang pintu kereta. Sebuah rekaman CCTV menunjukkan dua orang ibu berboncengan, ketika palang pintu sudah tertutup. Bukannya berhenti, malah kecepatan motor ditambah, dan jatuhlah palang pintu tersebut. Entahlah, apakah emak-emak tadi kemudian menghadap ke kantor dinas terkait, seperti peringatan yang disampaikan oleh petugas untuk segera ke kantor. Fasilitas negara yang dirusak kan harus diganti. Kalau tidak bisa kena pidana lho ...

Sudah jatuh ketiban palang. Palang pintu kereta sebenarnya belum membuka sempurna, ketika para pengendara yang tak sabaran nekat menerobos. Seorang ibu yang mencoba ikutan menerobos dari pinggir palang, malangnya malah ketiban palang. Untunglah sudah tak ada kereta yang lewat.

Galakan yang salah. Sebuah keluarga mengendarai sepeda motor, hendak menerobos palang pintu kereta. Beberapa relawan menghalanginya. Si Bapak marah-marah merasa perjalanannya dihambat. Lho, diselamatkan nyawanya kok malah marah-marah? Memangnya sudah ngebet betul perjalanan ke akhirat?

Menyaksikan banyak kekonyolan tersebut, terbersit pertanyaan, apakah sebenarnya fungsi palang pintu kereta bagi orang Indonesia? Beginilah sebagian cuitan di social-media:

  • Fungsinya untuk memastikan apakah otak kita sedang kita bawa atau malah tertinggal di rumah.
  • Nyegah wong pinter ben ora ketabrak sepur.
  • Buat nyaring orang yang otaknya normal sama yang konslet min.
  • Buat tanda berenti menungso sik pake kendaraan kang ben keretane iso lewat, nek sik tetep laju berati udu.
  • Buat kasih tulisan,,  " klo d tutup jgn lwt kok pekok!"
  • Ben nggo ngumum i nek neng ngarep eneng rel kereta
  • Fungsinya biar yg waras jangan ngelewatin palang
  • Buat mukul yang tidak mau tertib.
  • Fungsinya, buat menyeleksi mana manusia yg masih menghargai hidupnya dan mana yg pengen cepet mati
  • Untuk membedakan mana pengendara tolol dan mana yg taat aturan
  • Buat saksi bisu kalo ada DUARRR!1!1
  • Rintangan ninja warior
  • Agar kita mundur dr keinginan yg merugiksn kita.
  • Fungsinya buat di cuekin ..
  • Buat tanda kalau yg nekat lewat, malaikat sudah dekat
  • Fungsi suruh nabrak min
  • Garis finish hidupnya klo2 ad kereta malam menjemput dg paksa.
  • Mendekatkan diri dengan tuhan
  • Nunggu ada kejadian baru deh pd tau fungsi aslinya...
  • Positif thinking mereka sdg mendekatkan diri pada Tuhan
  • Utk mengalihkan jalanmu
  • Subhanallah.. mereka begitu ingin mendekati Tuhannya. kita doakan semoga keinginannya terkabul
  • Mempercantik jalan :v
  • Sekarang ku tau kenapa dukun disebut orang pinter.. Soalnya orang goblok gak bisa liat makhluk & barang ghoib..
  • Buat tanda kalau kereta mau lewat, sama aksesoris PJL aj min...
  • Wong karepe sek prioritas malah motore
  • Uji ketangkasan
  • Jalur cepat ketemu malaikat pencabut nyawa kayaknya
  • Buat nyetop mobil. Palang nya lebih sayang mobil dari pada motor
  • Untuk aksesoris pemanis aja sebelum jalur kereta wkwkwkwk
  • Fungsinya untuk memfilter , manusia yang masih ingin hidup panjang dan tidak...
  • Mungkin agar pengendara lebih hati-hati karena ada emak-emak yg mo lewat nyeberangin anaknya
  • Seleksi alam, mana yg punya akal dan mana yg tidak
  • Jemur pakaian
  • Tidak ada fungsinya bagi orang yang tidak mempunyai otak
  • Palange disalahke nek wes ono kejadian wkwk
  • Fungsine nggo bedakke wong pinter karo wong golbk..hehe
  • Buat ditabrak...ehhh...
  • Buat nyaring orang yang otaknya normal sama yang konslet min.
  • Saiki mng nggo wangun2 min
  • Nggo gebuk sing do nrabas kui
  • Dibuat untuk umpan bagi pelaku penerobos lintasan. Output produlnya rempeyek dan sosis segar
  • Buat nyaring orang yg mau ketemu Gusti Allah lewat jalur yg lebih cepat dalam tempo yg sesingkat-singkatnya
  • Buat mengetes kecerdasan manusia
  • Buat ngebedain mana yg punya otak sm enggak
  • Untuk di terobos orang2 yg gobloookkk!
  • Penanda kalo aspal dibawah palang masih basah.
  • Uji  nyali  kali  mi. Seberapa  kuat  kl kezambyerrr....
  • Fungsinya buat bedain mana yg pintar Dan yg terlalu pintar wkwk
  • Buat nyampluk ndase wong sing ngeyel tetep nrobos mib
  • Untuk penghias jalanan saja biar ramai
  • Buat jadi saksi bisu Kalo Ada yang kegiles.
  • Tu alat pendeteksi otak, kalo ada otak berhenti, kalo gak ada jalan terus
  • Fungsinya, buat menyeleksi mana manusia yg masih menghargai hidupnya dan mana yg pengen cepet mati
  • Fungsinya untuk manusia tolol yang nyari mati.
  • Ben ketone ra mboseni penataan kotane.
  • Orang bilang hemat pangakal kaya
  • Klo yg ini hemat pangkal matik
  • Mepe klambi
  • Nggo bedakne uwong sing sim e nembak, asli apa mungut neng pinggir dalan
  • Figuran doang
  • Kalo dinegara +62 buat dilanggar wkwkw
  • Palang pintu itu buat orang yang punya nyawa 1. Kalo nyawanya banyak trobos teruss
  • Wangun- wangun
  • Sebagai filter utk pengendara yg sayang pada dirinya
  • Buat nahan emosi
  • Diperuntukan untuk mobil aja mungkin hihihi
  • Untuk mengetahui level kegoblokan seseorang
  • Pelengkap atribut KAI
  • Dikasih rambu utk melindungi dirinya. Nanti kl ketabrak, nuntut asuransi. Na mati nyalahke palange kurang dowo
  • Mereka cm membantu mempercepat Program Pengurangan Penduduk
  • Fungsinya biar yg waras jangan ngelewatin palang
  • Buat mukul yang tidak mau tertib.
  • Fungsi utama nya adalah untuk melihat berapa banyak orang yang gak punya otak
  • Pagi ini melihat tingkah laku manusia yang punya nyawa 10 atau mungkin bisa edo tensei. Fungsi palang teh buat apa maemunaaahhhhhh
  • Fungsi palang kereta api supaya kita nginjek rem Bro
  • Fungsi palang pintu kereta utk menyelamatkan. Palang pintu parkiran, utk ngurangin duit. Palang merah remaja, tempat favorit pas upacara.
  • Cuma di Indonesia: fungsi palang hanyalah estetika saja

Baiklah para sedulur, saya punya satu pertanyaan sederhana, pernahkah panjenengan menerobos palang pintu kereta api?

"Arini. Biarkan kereta itu lewat. Utamakan selamat ...."

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x