Mohon tunggu...
Irma Tri Handayani
Irma Tri Handayani Mohon Tunggu... Guru - Ibunya Lalaki Langit,Miyuni Kembang, dan Satria Wicaksana

Ibunya Lalaki Langit ,Miyuni Kembang,dan Satria Wicaksana serta Seorang Penulis berdaster

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Sebulan Masak Tanpa Minyak, Berat Badan Turun 4 Kg

5 November 2021   17:38 Diperbarui: 5 November 2021   18:11 246 8 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Melangsing tanpa makanan berminyak. Foto: Irma Tri Handayani

Ketika harga minyak merangkak naik, saya tidak terlalu sadar. Maklum dah sebulan ini saya belajar makan tanpa gorengan. Awalnya coba-coba  tapi lama-lama terbiasa. Hal ini saya lakukan setelah dapat bisikan bahwa kalau mau turun berat badan kurangi gorengan, gula dan santan.

Dari beberapa sumber yang saya intip, 1 sendok minyak itu mengandung sekitar 12o kalori , nah tuh lumayan kan. 

Maka pagi para ENAK ( Emak-emak Niat Kurus ) memang penggunaan minyak ini harus dihindari agar aman kalori.

Pada dasarnya kan menurunkan berat badan itu adalah kita berusaha mengurangi kalori uang dibutuhkan badan kita dalam 1 hari. Istilahnya defisit kalori gitu. Misal nih saya kebutuhan kalorinya 1400 kalori perhari. Sya harus pangkas nih dan saya menargetkan  300 kalori agar ada di angka 1100 kalori. 

Enak ga masakan tanpa minyak? Ya enak kalo bisa ngakalinnya. Semuanya cuma masalah kebiasaan saja. Kalau total mengurangi minyak tentu sulit,paling tidak saya belajar mengurangi. 

Memang sedari awal saya harus menyadari konsekuensi dari mengunyah makanan. Misalnya untuk 100 gram tempe kalori yang akan saya hasilkna  adalah 200 kalori. Namun akan bertambah jika tempe tersebut digoreng. Bisa sampai dua kali lipat.

Mengurangi makan gorengan sudah dipilih oleh saya dalam sebulan ini. Hasinya?berat badan berkurang 4 kg,yang artinya usaha saya mengatur makanan dengan mengurangi makanan berminyak berhasil.

Makanan favorit saya? Ungkeup-ungkeupan. Jika ayam semula sehabis diungkeup terus digoreng,maka sekarang asalkan sudah matang diungkeup ya langsung dilahap. Yang penting bumbunya lengkap jangan hambar tapi tanpa gula ya sebaiknya. Tambahin sambal mentah enak loh asal nasi panas

Makanan tanpa minyak. Foto: Irma Tri Handayani
Makanan tanpa minyak. Foto: Irma Tri Handayani

Nih ya makanan kesukaan saya ungkeup tahu, ayam, kentang. Masing-masing 100 gram terus diungkeup barengan bumbu halus (cabai merah,cabai rawit, bawang merah bawang putih,dan daun jeruk) . 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan