Mohon tunggu...
Irma Tri Handayani
Irma Tri Handayani Mohon Tunggu... Guru - Ibunya Lalaki Langit,Miyuni Kembang, dan Satria Wicaksana

Ibunya Lalaki Langit ,Miyuni Kembang,dan Satria Wicaksana serta Seorang Penulis berdaster

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

[Imlek Komed] Kue Keranjang yang Melembek Dan Cerita ImlekWa Eruk

8 Februari 2019   00:05 Diperbarui: 8 Februari 2019   05:36 13
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sisa kue keranjang yang lembek dipanaskan.dokpri

Terus terang,saya tak punya pengalaman dengan perayaan Imlek. Saya tak memiliki saudara atau tetangga Tiongkok. Daerah tempat saya tinggal juga jauh dari hingar bingar perayaan Imlek sehingga sulit saya mendapatkan gambaran meriahnya Imlek selain dari TV.

Begitu ingin saya berpartisipasi dalam Event komed ini namun tak punya bahan untuk diceritakan. Kalau tak tahu menulis biasanya jadi sekedar menulis tanpa rasa tanpa jiwa.

Hingga kemarin, Rabu 6 Februari 2019 ada sesuatu yang mengejutkan. Di meja tempat para pengajar menunggu sebelum mulai membagikan ilmu saya melihat wadah berbentuk mangkok transparan berisi makanan berwarna coklat.

Tadinya saya pikir puding. Baru saja akan bertanya, pembawa kue tersebut menyebutkan bahwa itu adalah kue keranjang yang sudah dipotong-potong oleh istrinya agar mudah dinikmati. Kue keranjang tersebut didapatkannya dari orang tua siswanya di sekolah. 

Kebetulan selain menjadi pengajar bimbel, dia juga mengajar di SMP Katolik di Bandung. Nah,orang tua dari siswanya dengan mengirimkan paket berisi kue keranjang ke rumahnya.

Sayapun mencoba satu potong. Baru satu gigitan bel sudah berbunyi sehingga saya tidak meneruskan kunyahan. Entah Karena bari pertama kali mencoba saya merasa bahwa rasanya tak semanis dodol atau wajit yang biasa saya coba.

Selepas mengajar, tadinya saya akan meneruskan suapan . Namun tanpa dinyana, teman saya menawarkan kue tersebut untuk saya bawa semua karena melihat kue masih bersisa banyak.

Saya yang pada dasarnya baik hati dan pantang menolak pemberian langsung menyambut pemberiannya dengan mengucapkan berkali-kali terima kasih. 

Setelah dia mengucapkan sama-sama terselip pesan bagi saya untuk tidak lupa membawa kembali wadah tersebut karena itu wadah kesayangan istrinya. Tahu sendiri kan wadah bermerk ware ware-an begitu kan mahal,bisa dilarang pulang ke rumah teman saya kalau hilang.

Sampai di rumah kue langsung saya keluarkan. Tak seperti saya yang tak begitu semangat menyicipi kue keranjang tadi, Ibu mertua saya malah semangat mengunyahnya. 

Tak dinyana beliau biasa mencoba kue keranjang sebelum-sebelumnya. Ternyata usut punya usut, kakaknya yang kami panggil Wa Eruk  pernah bekerja menjdi asisten rumah tangga selama puluhan tahun di keluarga berkebangsaan Tiongkok.  Dari mulai  Wa Eruk  gadis hingga beranjak tua dan berhenti Karena sudah sering sakit-sakitan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun