Mohon tunggu...
langgeng ikhtiar pribadi
langgeng ikhtiar pribadi Mohon Tunggu... Lainnya - S1-Manajeman.

Suka menulis, kalau suka kamu nanti ditinggal.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Pentingnya Integrasi Nasional dalam Mendorong Persatuan

7 Maret 2023   17:58 Diperbarui: 7 Maret 2023   18:02 230
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pentingnya Integrasi Nasional dalam Mendorong Persatuan.(Pixabay)

Integrasi nasional merupakan salah satu faktor penting dalam membangun sebuah negara yang kokoh dan kuat. Dalam sebuah negara, terdapat berbagai macam perbedaan seperti suku, agama, budaya, dan bahasa. 

Hal ini dapat menjadi tantangan dalam membangun persatuan dan kesatuan di antara seluruh elemen masyarakat. Oleh karena itu, integrasi nasional sangat penting dalam mendorong persatuan dan kebersamaan.

Integrasi nasional dapat diartikan sebagai proses penggabungan dan penyatuan seluruh elemen bangsa dalam satu kesatuan yang utuh dan kokoh. 

Hal ini dilakukan melalui berbagai macam kebijakan dan program yang bertujuan untuk memperkuat ikatan sosial dan kultural antar kelompok masyarakat. Integrasi nasional juga dapat mencakup berbagai aspek seperti politik, ekonomi, sosial, budaya, dan keamanan.

Pentingnya integrasi nasional dalam mendorong persatuan dapat dilihat dari beberapa hal berikut ini:

1. Membangun Identitas Nasional yang Kuat

Melalui integrasi nasional, dapat dibangun identitas nasional yang kuat dan merata di seluruh wilayah Indonesia. Identitas nasional ini mencakup kesamaan nilai, budaya, dan bahasa yang menjadi ciri khas bangsa Indonesia

Dengan memiliki identitas nasional yang kuat, maka akan tercipta rasa kebanggaan dan cinta tanah air yang sama di seluruh elemen masyarakat.

2. Memperkuat Kebersamaan dan Solidaritas

Integrasi nasional juga dapat memperkuat kebersamaan dan solidaritas antar kelompok masyarakat. Dalam sebuah negara yang beragam seperti Indonesia, kerjasama dan saling membantu antar kelompok masyarakat sangat diperlukan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun