Mohon tunggu...
Ruth Lana Monika
Ruth Lana Monika Mohon Tunggu... Menulis untuk menjadi pengantar pesan Semesta

Penulis lahir di Jakarta. Seorang ibu rumah tangga yang sedang berusaha kembali mengasah talenta menulis dan belajar blogging.

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Buku Petualangan yang Memacu Adrenalin

25 Mei 2021   14:57 Diperbarui: 25 Mei 2021   15:15 95 7 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Buku Petualangan yang Memacu Adrenalin
Dokumentasi Pribadi

Buku adalah nyawa dan warisan berharga yang ditinggalkan untuk kemanusiaan serta diberikan turun temurun kepada anak cucu.
Karena tanpa buku, nilai-nilai agama sulit untuk disebarkan, catatan sejarah negara tak pernah ada dan cerita tentang tokoh-tokoh pahlawan tidak akan pernah diketahui orang banyak.

Buku dapat dinikmati tanpa harus membeli karena siapa pun selalu bisa membaca buku di taman bacaan. Buku di taman bacaan tidak perlu uang. Bahkan bisa meminjamnya untuk dibaca di rumah. 

Buku menjadi teman jiwa seperjalanan sepanjang masa yang bermanfaat. Karena buku dapat mengubah masa depan seseorang menjadi lebih baik. Akibat buku, kecerdasan dan pikiran seseorang bertambah. Seseorang bisa berpikir dan bertindak lebih baik dari hari-hari sebelumnya. 

Sewaktu penulis kecil hingga sekarang buku favorit yang dibaca adalah karangan Enid Blyton. Enid Mary Blyton, wanita kebangsaan Inggris kelahiran 11 Agustus 1897, dari pasangan Thomas Carey Blyton dan Mary Theresa Harrison. 

Enid memulai karir penulisan dari 1922 sampai wafatnya pada 1968 dengan sukses membuat cerita anak yang populer di dunia. Karya-karyanya disukai kalangan mulai dari anak-anak hingga remaja. Buku Enid juga diterjemahkan ke 90 bahasa dan masih terjual hingga sekarang di seluruh dunia.

Karya Enid Blyton yang penulis gemari.
1. The Famous Five/Lima Sekawan (1942-1963)
Lima Sekawan adalah salah satu cerita karya Blyton yang paling banyak disukai anak-anak. Julian, Dick, Anne, sepupu tomboi mereka George, dan seekor anjing bernama Timmy bersama-sama menghabiskan liburan mereka dengan petualangan, hiking, bersepeda sampai berkemah.

Cerita akan semakin seru ketika mereka terjebak dalam kejadian aneh dan tempat-tempat yang mengasyikkan yang mereka temukan, seperti Pulau Kirrin, Top Smuggler, Owl's Dene atau mercusuar di Demon's Rocks. Imajinasi tak terbatas saat mereka juga berpergian ke pertanian, istana, gua hingga lorong-lorong rahasia yang menyimpan banyak rahasia.

Enid Blyton yang hidup di rentang tahun 1897 - 1968 menulis 21 buku tentang Julian, George, Dick dan Anna, kemudian dilanjutkan dengan banyak sequel-sequel oleh pengarang lain.

2. The Secret Series/Empat Serangkai (1949-1959)
Empat Serangkai diterbitkan pada 1938. Dalam cerita ini, Enid mengenalkan kita pada tokoh-tokoh menarik, yaitu Jack si bocah pemberani dalam memimpin, Peggy sosok yang keibuan, adiknya Mike yang ceria, dan terakhir Nora yang agak malas dan manja dari yang lain.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN