Mohon tunggu...
Ruth Lana Monika
Ruth Lana Monika Mohon Tunggu... Menulis untuk menjadi pengantar pesan Semesta

Penulis lahir di Jakarta. Seorang ibu rumah tangga yang sedang berusaha kembali mengasah talenta menulis dan belajar blogging.

Selanjutnya

Tutup

Tebar Hikmah Ramadan Pilihan

Beragam Aktivitas untuk Mengurai Rasa Jenuh

27 April 2021   08:27 Diperbarui: 27 April 2021   08:32 226 7 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Beragam Aktivitas untuk Mengurai Rasa Jenuh
https://www.sehatq.com/

Ketika kaki ingin melangkah tetapi palang menghadang, maka cobalah kita melepas sejenak beban yang digandar. Tak mudah memang ketika roda seharusnya berputar namun berjeda, berbagai aktivitas terhalang tak dapat berdenyut. Yah, kini waktu bagi semesta mengajar kita untuk merenung dan menenun kembali untaian rindu akan hari esok yang cemerlang. Pandemi ini mengajarkan kita banyak hal, seperti berharganya kesehatan, kebersamaan, pekerjaan, dan kebebasan. Membentuk kita untuk lebih bersyukur dan memaknai kehidupan.

Bulan Ramadan yang berlangsung di tengah pandemi membuat kita mengalami pembatasan aktivitas di luar rumah, namun tidak untuk di rumah. Walaupun aktivitas kita dibatasi tetapi tidak mimpi-mimpi kita. Berbagai aktivitas untuk meraih mimpi-mimpi dapat kita lakukan dari rumah. Berikut aktivitas-aktivitas di rumah untuk mengejar mimpi dan mengisi bulan Ramadan kita:

1. Menulis

Bagi kamu yang suka menulis, pada bulan Ramadan ini dapat kamu jadikan waktu untuk mendalaminya. Kamu bisa mengikuti berbagai pelatihan menulis dari berbagai platform yang menyediakan. Kamu juga dapat mengasah ketrampilan dan keberanianmu dengan mengikuti berbagai ajang perlombaan menulis. Selain mengikuti pelatihan dan perlombaan kamu juga dapat membuat blog untuk mengisi waktu dengan membagikan beragam informasi yang berguna, terutama selama bulan Ramadan ini. Sebagai penulis kamu bisa melihat dari berbagai sudut pandang untuk menjabarkan materi tulisanmu. Hal ini akan membantumu menghilangkan rasa jenuh di rumah.

2. Membuat Konten

Pembuat konten dapat disebut sebagai content creator. Konten yang dibuat akan disebar ke berbagai platform media sosial yang tersedia, seperti YouTube, Instagram, TikTok atau Facebook. Namun, sebenarnya content creator lebih dari sekadar pencipta konten semata. Content creator memiliki fungsi yang terbilang besar dalam dunia marketing sekarang ini. Kamu bisa mendalami bidang ini dari rumah. Membuat berbagai konten yang bermanfaat sekaligus mendapatkan pendapatan. Dalam membuat konten maka kamu akan memacu munculnya ide-ide menarik dari pemikiranmu dan itu akan membuatmu merasa hidup walaupun kamu harus menjalankan bulan Ramadan di rumah saja.

3. Membuat Kue Idul Fitri

Meriahkan bulan Ramadanmu dengan membuat kue Lebaran (Idul Fitri) buatan sendiri seperti nastar (kue isi selai nanas), kastengel (kue keju), dan putri salju (kue berlapis gula), dan kue-kue lainnya. Saat ini, banyak resep gratis dan mudah yang tersedia secara online, bahkan kamu dapat melihat tutorial videonya. Selain itu, kamu juga dapat membagikan kue ini sebagai bingkisan Lebaran untuk keluarga, teman, tetangga, dan atau orang-orang yang kurang mampu sebagai cara untuk menunjukkan rasa kasih dan menjaga ikatan sosial di tengah pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Kamu juga dapat menjadikan ini sebagai peluang untuk mendapatkan pendapatan tambahan dengan menjual kue-kue buatanmu. Kamu dapat mengemasnya dalam bentuk hampers Lebaran yang menarik dan memasarkannya secara online.

4. Menanam Sayuran dan Buah

Aktivitas lain yang menyenangkan adalah berkebun bersama keluarga. Kamu dapat menanam berbagai jenis sayuran, seperti bayam, cabai, terong, atau jeruk dan membuat kompos dari limbah rumah tangga. Merawat tanaman dapat mengurangi stress akibat pandemi dan menyatukan anggota keluarga. Kamu dapat menanam sayuran dan buah dalam pot, polybag, plastik bungkus minyak goreng, pipa yang dilubangi, menggunakan pohon pisang yang batangnya kamu lubangi, atau bahkan peralatan rumah tangga yang sudah tidak digunakan seperti panci, bak, ember, dan lain-lainnya. Hasil berkebun ini dapat kamu konsumsi bersama keluarga dan dapat pula kamu bagikan ke teman, tetangga, dan atau orang-orang yang kurang mampu untuk menjalin tali kasih persaudaraan.

Ayo kita isi bulan Ramadan di rumah saja ini dengan berbagai aktivitas menarik dan kreatif!

VIDEO PILIHAN