Mohon tunggu...
Lamhot Situmorang
Lamhot Situmorang Mohon Tunggu... Petani - Freelancer

Seorang petani yang menyukai menulis disaat waktu senggang

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Jadi Orang Penting, Pesawat Timnas Polandia Dikawal Jet Tempur F-16 selama Penerbangan ke Qatar

19 November 2022   20:18 Diperbarui: 19 November 2022   20:25 289
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pesawat Timnas Polandia Dikawal jet tempur F-16 | (foto: twitter.com/@LaczyNasPilka)

Presiden Polandia, Andrzej Duda  memerintahkan angkatan udara untuk melakukan pengawalan pesawat yang membawa timnas Polandia ke Doha, Qatar menggunakan jet tempur F-16 untuk menghadiri piala dunia 2022.

Hal ini menjadi perbincangan publik setelah seorang pemain memvideokan momen jet tempur F-16 mendampingi pesawat, kemudian video tersebut diunggah ke akun media berita lokal Polandia @LaczyNasPilka dan mendapatkan banyak respon positif.

Mengingat Polandia baru saja kejatuhan rudal nyasar milik Ukraina, sehingga pemerintah Polandia ingin cari aman agar kontingennya dapat mendarat dengan selamat di Qatar.

Video ini diunggah pada 17 November 2022, di dalam postingan video yang di bagikan terlihat ada dua jet tempur F-16 terbang di samping pesawat sipil atau komersil yang bernama Republik Polandia.

"Kami dikawal oleh pesawat tempur F-16 ke perbatasan selatan Polandia! Terima kasih dan salam untuk para pilot," demikian postingan yang ia buat.

Langkah pengiriman pesawat tempur untuk mengawal pesawat yang membawa tim nasional sepak bola itu diterapkan Polandia setelah insiden rudal di desa tersebut. dekat perbatasan dengan Ukraina pada tanggal 15 November lalu yang menewaskan dua orang.

Presiden Polandia mengatakan bahwa rudal yang jatuh di desa itu bisa saja ditembakkan oleh sistem pertahanan udara Ukraina sebagai tanggapan atas serangan besar-besaran Rusia terhadap Ukraina.

Namun, cara Polandia melindungi timnasnya dari gangguan yang dapat mengancam keselamatan warganya ini mendapat respon negatif dari presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. 

Yang dimana, Zelensky merasa Ukraina tidak aman bagi pesawat sipil yang melakukan penerbangan di atasnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun