Mohon tunggu...
Lamhot Situmorang
Lamhot Situmorang Mohon Tunggu... Petani - Freelancer

Penulis tanpa tinta

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Ini Alasan Timnas Malaysia Kirim Surat ke AFF Untuk Minta Pergantian Kiper Dari Daftar Skuad AFF 2020

7 Desember 2021   09:14 Diperbarui: 7 Desember 2021   09:18 189 10 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kiper Samuel Somerville | (dok. malaysiagazette.com)

Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM) telah mengirimkan surat permohonan resmi kepada Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) untuk mengganti penjaga gawang Malaysia saat ini yang sedang berlaga di Piala AFF 2020.

Seketaris Jendral (Sekjen) FAM yang bernama "Saifuddin Abu Bakar" mengatakan, mereka langsung mengirimkan surat permintaan tersebut kepada AFF pada tanggal 5 Desember malam setelah hasil tes menunjukkan bahwa 2 pemain tim Malaysia positif Covid-19, termasuk kiper Khairulazhan Khalid dan satu lagi bernama Faisal Halim.

Kedua pemain ini harus menjalani karantina 10 hari sesuai dengan aturan Pemerintah Singapura. Mereka juga akan absen saat pertandingan pembukaan tim Malaysia pada sore hari tanggal 6 Desember.

Meskipun tanpa keduanya tampil, Malaysia masih dapat memenangkan pertandingan tersebut atas Kamboja 3-1, dan kedua pemain ini juga kemungkinan besar akan absen kembali saat bermain melawan Vietnam pada tanggal 12 Desember.

Sesuai aturan Piala AFF 2020, tim tidak diperbolehkan mengganti atau menambah pemain setelah menyerahkan daftar kepada penyelenggara, kecuali untuk posisi penjaga gawang. Hal inilah yang membuat Federasi Sepak Bola Malaysia mencoba menggantikan kipernya Khairulazhan yang positif Covid-19.

Pasalnya, tim Malaysia meminta untuk mengganti kipernya karena hanya tersisa dua penjaga gawang saja setelah Khairulazhan terjangkit Covid-19. Adapun dua penjaga gawang Harimau Malaya yang tersisa adalah Khairul Fahmi dan Kalamullah Mat Rowi.

Menurut Federasi Sepak Bola Malaysia, usulan mereka untuk mengganti kiper sudah sesuai dengan aturan Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) dan Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA). 

Tim Malaysia mengatakan bahwa mereka membutuhkan surat keterangan dari dokter bahwa Khairulazhan terjangkit Covid-19 agar permintaan mereka dapat disetujui AFF untuk melakukan penggantian kiper dalam skuad tim berjuluk Harimau Malaya.

Penggantian kiper Khairulazhan kemungkinan besar akan digantikan kiper Samuel Somerville yang akan segera dipanggil timnas Malaysia jika sudah dapat persetujuan AFF.

Pelatih Malaysia "Tan Cheng Hoe" akan menunjuk langsung kiper Samuel Somerville untuk bergabung dengan tim Malaysia di piala AFF 2020.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan