Mohon tunggu...
Lalu Aziz AlAzhari
Lalu Aziz AlAzhari Mohon Tunggu... Orang Dalam

Dalam hal apapun kita semua masih dalam proses pembelajaran

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

14 Hari untuk Covid-19?

18 Maret 2020   00:38 Diperbarui: 18 Maret 2020   00:35 598 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
14 Hari untuk Covid-19?
Sumber foto : https://www.bioworld.com/

Selamat menikmati hari-hari bersama keluaraga dirumah 2 minggu kedepan karena adanya virus korona yang menggemparkan dunia, eh aku lupa kasi tau pada pembaca-pembaca yang budiman libur bukan berarti anda pergi liburan ya, tapi nikmatilah liburan kalian hanya didalam rumah atau lingkungan sekitar jangan sampai keluar kalau urusan anda tidak terlalu penting. kenapa ?

Anak-anak senang dlibur sekolah selama 14 hari begitupun para pekerja baik itu dipemerintahan maupun pekerja swasta, sayangnya sebagian orang tidak memahami. 

Mengapa 14 hari kedepan pemerintah meliburkan teman-teman dan mengurangi aktivitas diluar rumah, untuk apa?. Sayangnya himbauan pemerintah tersebut tidak disertai penjelasan yang memadai.

14 hari itu sangat penting dan harus disertai dengan tindakan kepatuhan oleh masyarakat, karena selama 14 hari itu mampu menghentikan laju penularan Covid-19 karena masa inkubasi dari Covid 19 selama 14 hari tersebut. Dan selama 14 hari itu kamu termasuk orang yang menyelamatkan ribuan orang tanpa melakukan apa-apa. Mengapa ?

Penjelasannya demikian ketika seseorang kontak dengan apapun yang dapat menginfeksinya dengan Covid 19, maka harus ditunggu selama 14 hari minimal, jika tidak terjadi apa-apa, maka orang tersebut aman dari penyakit Covid 19 karena sudah dijelaskan masa inkubasi dari virus Covid 19 selama 14 hari.

Libur selama 14 hari bertujuan untuk memotong rantai penyebaran virus tersebut, ini baru akan terealisasi jika masyarakat mematuhi aturan yang diberlakukan pemerintah, jika tidak libur selama 14 hari adalah sebuah kesia-sian untuk melawan Covid 19. 

Sebagai contoh, seorang anak akann libur selama 14 hari dimulai pada tanggal 16 maret 2020 dan dia akan masuk pada tanggal 4 april 2020. Ternyata anak ini menggunakan waktu libur tersebut untuk pergi jalan-jalan bersama keluarganya, mengunjungi kumpulan orang, atau ketempat saudaranya, ke mall dll. 

Seandianya dia berjalan pada hari ke 9 liburan sekolahnya dan dia tertular pada hari ke 10 disalah satu tempat wisata yang terkenal, mungkin pada hari ke 14 atau 15 belum ada tanda-tanda di sakit, tetapi dia sudah membawa Covid 19 didalam tubuhnya dan berpotnsi menularkan, andai dia masuk sekolah atua kerja pada hari ke-15 dst. Maka 14 hari libur sekolahnya itu tidak ada gunanya. 

Dan penularan akan terjadi di sekolah-sekolah dan tempat kerja karena masyarakat tidak mematuhi himbauan dari pemerintah, efek domino akan terus berlangsung, dan rantai pemutusan yang diharapkan oleh pemerintah tidak dapat terealisasikan secara maksimal.

Untuk itu semua orang diharapkan dapat bekerjasama dengan mematuhi apa yang telah dihimbaukan oleh pemerintah untuk berdia saja dirumah selama 14 hari karena ketika kamu berdiam diri di rumah selama 14 hari kamu telah menyelamatkan nyawa ribuan orang termasuk keluargamu. 

Waktu 14 hari itu berguna untuk kita saling pantau, jika ada orang yang mengalami gejala serangan virus COvid 19, bisa dapat ditangani dengan segera dan penularan stop hanya pada dia, dan semoga yang mengalami serangan virus tersebut semoga dapat sembuh dengan segera. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN