Mohon tunggu...
Aca
Aca Mohon Tunggu... Sekedar Sharing

an archeology student likes reading, watching Korean dramas, going on vacation to historical and archaeological sites, and a little sharing general knowledge

Selanjutnya

Tutup

Film

Drama Korea Moonlight dan Mr. Queen, Kisah Nyata dari Para Tokohnya

26 Januari 2021   13:46 Diperbarui: 26 Januari 2021   13:52 4522 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Drama Korea Moonlight dan Mr. Queen, Kisah Nyata dari Para Tokohnya
Drama Mr. Queen - kpopmap.com

Drama Mr. Queen

Akhir-akhir ini drama Korea yang bertema Saeguk banyak mengambil setting pada periode akhir Joseon, sekitar awal abad ke-19 sampai akhir. Drama pada setting masa ini sangat menarik karena pada periode ini Joseon mulai mendapat pengaruh barat, perebutan kekuasan di antara klan bangsawan, dan juga awal mula invasi Jepang. Salah satu drama yang menuai sukses besar dengan mengambil setting masa akhir dinasti Joseon ini adalah Drama Moonlight yang diperankan oleh actor ganteng Park Bo-Gum dan aktris cantik Kim Yoo-Jung. Tak lupa juga Drama yang sekarang sedang banyak diperbincangkan yaitu Drama Mr. Queen yang diperankan oleh actor ganteng Kim Jung-Hyun dan aktris cantik Shin Hye-Sun.

Putra Mahkota Hyeomyeong atau Munjo | Sumber: daumcdn.net
Putra Mahkota Hyeomyeong atau Munjo | Sumber: daumcdn.net
Drama Moonlight yang diadaptasi dari novel web, berlatar pada era pemerintahan Raja Sunjo, anak dari raja Jeongjo, kalau kalian pernah nonton Drama Yi-San, Moonlight ini bisa dibilang sequel dari drama itu. Raja Sunjo adalah anak kedua dari Raja Jeongjo, ibunya adalah Selir agung Su-Bin dari klan Park. Raja Sunjo naik tahta setelah kematian ayahnhya dan juga karena kematian dari kakaknya, Pangeran Mahkota Munyo. Raja Sunjo menikahi Permaisuri dari klan Andong Kim yang kelak dikenal sebagai Ibu suri Agung Sunwon, nah Permaisuri inilah yang menjadi permaisuri jahat di drama moonlight. Dari permaisurinya ini Raja Sunjo mendapatkan 5 orang anak, 2 orang putra dan 3 orang putri. Ada perbedaan di drama dan di sejarahnya, dimana Raja Sunjo hanya punya 2 orang istri yaitu Permaisuri Sunwon dari klan Andong Kim dan Selir Suk-Ui dari klan Park. Di drama Moonlight Park Bo-Gum atau Putra Mahkota Hyeomyeong (Munjo) bermusuhan dengan permaisuri Sunwon, dimana diceritakan disana dia sebagai permaisuri kedua raja setelah kematian dari permaisuri pertama atau ibu Park Bo-Gum. Dalam seejarah aslinya Park Bo-Geum atau Putra Mahkota Hyeomyeong adalah anak dari ;Permaisuri Sunwon sendiri yang berarti dia juga bagian dari klan Andong Kim.

Drama Moonlight kpopmap.com
Drama Moonlight kpopmap.com
Putra Mahkota Hyeomyeong atau di drama Moonlight diperankan Park Bo-Gum adalah anak pertama dari Raja Sunjo dan Permaisuri Sunwon dari klan Andong Kim . Raja Sunjo sangat menyanyangi putra mahkota Hyemyeong karena kecerdasannya, dalam sejarah korea putra mahkota ini dikenal sebagai pencipta tarian istana korea, dia juga membuat beberapa lagu untuk tarian, mungkin kalau kalian nonton drama Moonlight lagi, ada scene yang membutikan hal ini, ketika Park Bo-Gum membuat perjamuan untuk duta Besar China yang datang ke Joseon, disitu Park Bo-Gum terlihat sedang menggambar sketsa tarian yang akan dipentaskan. Putra mahkota Hyemyeong menikah dengan seorang wanita dari klan ;Pungyang Jo, hal ini sengaja dilakukan untuk menekan kekuatan klan Andong Kim yang berkuasa sejak masa kakeknya yaitu dari Raja Yeongjo menikahi Permaisuri keduanya, Permaisuri Yesun dari Klan Andong Kim.

Permaisuri Shinjeong atau Ibu Suri Jo ( Sumber: kpopmap.com
Permaisuri Shinjeong atau Ibu Suri Jo ( Sumber: kpopmap.com
Putri Mahkota Jo ( Permaisuri Shinjeong) atau Jo Hayeon di Drama Moonlight dan menjadi Ibu Suri di Drama Mr. Queen adalah istri dari Putra Mahkota Hyeomyeong, kelak anaknya yaitu Raja Heonjeong menggantikan kakeknya Raja Sunjo naik tahta karena ayahnya lebih dulu wafat. Di Drama Moonlight, Jo hayeon dikisahkan mengundurkan diri sebagai putri mahkota dan keluar dari istana, tetapi di sejarahnya tokoh Hong Ra-on tidak ada, karena itu hanya tokoh fiktif dalam drama, Park Bo-Gum tetap menikah dengan Jo Hayeon dan mempunyai putra yang akan naik tahta kelak. Pada masa Raja heonjong ini, kekuasaan klan Andong Kim melemah karena usaha raja untuk mereformasi pemerintahan dari klan Andong Kim dan ditekan kekuasan klan Pungyang Jo, klan ibu dari Raja Heonjeong. Klan Andong Kim tidak menyerah begitu saja, dia menikahkan  Raja Hyeonjong dengan wanita dari Klan mereka, akan tetapi permaisuri ini meninggal dalam usia muda, setelah itu Raja Heonjong menikah lagi dengan seorang wanita dari klan Hong, dari kedua permaisurinya ini Raja Heonjeong tidak mendapat keturunan. Sayang sekali Raja Heonjeong meninggal di usia muda, ada rumor yang mengakatan bahwa dibalik kematian Raja Heonjeong ini klan Andong kim dalangnya. Hal ini membuat klan Andong Kim kembali berkuasa dan Klan Pungyang Jo meredup, hal ini membuat Ratu Shinjeong sedih dan marah, kalau kalian liat Permaisuri Shinjeong atau Ibu Suri Jo ini sering terlihat di ruang altar penghormatan Raja Heonjeong anaknya.

Raja Sunjo | kpopmap.com
Raja Sunjo | kpopmap.com
Setelah kematian Raja Heonjeong Permaisuri Sunwon mencari anggota kerabat kerajaan untuk dijadikan raja boneka, akhirnya dia mengangkat Raja Cheoljong sebagai anaknya dan membuat dia menjadi raja. Di drama Mr.Queen Raja Cheoljong digambarkan sebagai raja polos dan tersimpan ambisi yang besar di dadanya, tetapi dalam fakta sejarah Raja Cheoljong selama 13 tahun kekuasaanya tetap menjadi raja boneka klan Andong Kim. Demi menguatkan kekuasaanya pada Raja Cheoljong, klan Andong Kim mengangkat permaisurri dari klannya sendiri, yang di drama Mr.Queen sebagai Kim Soyong atau Permaisuri Cheolin.

Raja Heonjeong
Raja Heonjeong
Raja Cheoljong. kpopmap.com
Raja Cheoljong. kpopmap.com

Setelah kematian Raja Cheoljong keuasaan Klan Andong Kim mulai meredup, Permaisuri Shinjeong atau Ibu suri Jo, memegang tampuk kekuasaan untuk Raja Baru yaitu Gojong, kekuasaan klan Andong Kim benar-benar berakhir ketika terjadi pembersihan oleh ayah Raja Gojong, Heungseon Daewonggun. Jadi bagi kalian yang udah nonton Drama Moonlight, kalian ga bakal susah buat memahami jalan cerita Mr.Queen. Jadi kalian udah  nonton Drama Mr. Queen sampe episode berapa?

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x