Mohon tunggu...
Sepudin Zuhri
Sepudin Zuhri Mohon Tunggu... Freelancer - Penulis

Hobi Menulis

Selanjutnya

Tutup

Hukum Artikel Utama

Analisis Pemberitaan Insiden Brigadir J dan Ferdy Sambo

11 Agustus 2022   11:36 Diperbarui: 12 Agustus 2022   12:51 1367 15 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kata kunci (keyword) "Ferdy Sambo" melonjak tajam dalam 30 hari terakhir (11 Juli-7 Agustus 2022) di mesin pencari Google dan Google Trends ((ANTARA FOTO/Aprillio Akbar via KOMPAS.com)

Kata kunci (keyword) "Ferdy Sambo" melonjak tajam dalam 30 hari terakhir (11 Juli-7 Agustus 2022) di mesin pencari Google dan Google Trends. Kemudian yang menarik, pencarian di Google dengan kata kunci "Ferdy Sambo" terjadi merata di seluruh wilayah Indonesia, dari Sabang-Merauke.

Hal ini bisa menjadi indikator bahwa, perhatian isu ini tidak hanya terjadi di Jakarta atau kota-kota besar saja, tetapi menjadi perhatian publik di seluruh wilayah Indonesia.

Kemudian dibandingkan dengan tokoh-tokoh yang selama ini masif dalam pemberitaan, seperti Joko Widodo (Jokowi), Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, kalah semua tokoh-tokoh tersebut dibandingkan dengan kata kunci "Ferdy Sambo" selama periode 11 Juli-7 Agustus 2022.

Pemberitaan tentang peristiwa kematian Brigadir J (Joshua) baru muncul pada Senin (11 Juli 2022), 3 hari sejak kejadian tersebut pada Jumat (8 Juli 2022). Selama 3 hari, peristiwa penting seperti ini bisa mampu "ditahan" tidak muncul ke publik (melalui media baik media mainstream maupun media sosial).

Masyarakat baru mulai mengikuti berita ini pada Senin (11 Juli 2022). Media mulai memberitakan kejadian ini setelah mendapatkan keterangan pers dari Divisi Humas Polri melalui Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri yang memberikan keterangan pers, Senin (11/7/2022).

Hari pertama mulai munculnya pemberitaan (11 Juli 2022), volume beritanya mulai masif, yaitu sekitar 600 berita. Saat itu, topiknya tentang kronologi kematian Brigadir J.

Jumat, 8 Juli 2022

Peristiwa kematian Brigadir J di rumah dinas Kadiv Propam. Belum ada berita atau informasi sama sekali di semua kanal media atas kejadian ini.

Sabtu, 9 Juli 2022

Sehari setelah peristiwa ini, masih belum muncul pemberitaan di media (media cetak, online, dan elektronik).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hukum Selengkapnya
Lihat Hukum Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan