Mohon tunggu...
Laila Nadifah
Laila Nadifah Mohon Tunggu... Laina

Mahasiswa Universitas PGRI Wiranegara. Fakultas Pedagogi dan Psikologi

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

KKN-DR Universitas PGRI Wiranegara: Pembelajaran Cara Mencuci Tangan dengan Baik dan Benar

17 September 2020   14:08 Diperbarui: 17 September 2020   14:24 15 0 1 Mohon Tunggu...

Disaat new normal seperti ini, kegiatan Kuliah Kerja Nyata atau KKN dilaksanakan secara individu dengan tempat dan sasaran yang tidak berada begitu jauh dari tempat tinggal atau sekarang bisa kita kenal dengan istilah KKN-DR.
Lailatul Nadifah adalah mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas PGRI Wiranegara Pasuruan yang sedang melaksanakan kegiatan KKN-DR di Madrasah Diniyah Miftahul Ulum Tembokrejo. Laila dibimbing oleh ibu Ana Ahsana El-Sulukiyah, S.Pd, M.Pd selaku Dosen Pembimbing Lapangangan KKN-DR 2020.
Kebersihan tangan sangat penting dalam mencegah penyebaran penyakit, mencuci tangan dengan baik dan benar menjadi salah satu cara paling sedernaha dan paling efektif untuk membantu anak-anak  terhindar dari penyakit. Dalam upaya pencegahan tersebarnya COVID-19, Laila perlu mengajarkan bagaimana cara mencuci tangan dengan baik dan benar. Banyak dari kita yang begitu sibuk dan lupa bagaimana cara mencuci tangan dengan baik dan benar. Apalagi anak-anak yang tidak begitu peduli dengan kebersihan tangannya. Cara mencuci tangan dengan baik dan benar diawali dengan membashi tangan dengan air dan menggunakan sabun, kemudian gosok telapak tangan dan jari-jari bertautan, gosok punggung tangan dan jari-jari bertautan, gosok kedua ibu jari, gosok ujung jari di telapak tangan, gosok saat membilas dan yang terakhir keringkan tangan secara menyeluruh.
Murid-murid sangat antusias dengan kegiatan ini, sebelum praktek mencuci tangan Laila mengajarkan pentingnya mencuci tangan, kapan harus memcuci tangan dan praktek mencuci tangan didalam kelas terlebih dahulu sebelum nantinya akan praktek tanpa melihat tata cara cuci tangan di kertas yang telah Laila berikan kepada murid-murid. Saat praktek mencuci tangan, murid-murid cukup mengingat langkah-langkan mencuci tangan yang telah Laila ajarkan.
Semoga murid-murid senantiasa mempraktekkan bagaimana cara mencuci tangan dengan baik dan benar  di rumahnya dan menjadi kebiasaan yang baik dalam menjaga kesehatannya.
Terimakasih semoga bermanfaat.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x