Mohon tunggu...
Laili MutiaQodra
Laili MutiaQodra Mohon Tunggu... Mahasiswa PGSD

Sukses = Proses

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Satu Bulan Menjadi Guru SD

27 Maret 2020   09:32 Diperbarui: 10 April 2020   20:40 75 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Satu Bulan Menjadi Guru SD
Dok. pribadi

Oleh: Laili Mutia Qodra (PGSD Palembang)

Pendidikan merupakan hal yang sangat penting bagi dunia ini . Pendidikan menjadi tujuan utama bagi setiap orang dalam pencapaian ilmu pengetahuan. Dalam mengembangkan ilmu pengetahuan tersebut dilakukan dengan cara mempraktikan ilmu pengetahuan tersebut dijenjang pendidikan maupun lingkungan masyarakat. Ilmu pengetahuan tersebut dapat diharapkan dapat mendidik dan menjadi bekal  bagi penerus bangsa yang sedang berkembang.

Komponen yang penting dalam memajukan dunia pendidikan adalah pendidik. Sebagai calon pendidik dituntut untuk memiliki kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional. Dalam menjadikan calon pendidik, maka mahasiswa diberikan pemagangan di sekolah yang disebut dengan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP).

Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) dilaksanakan selama satu bulan di salah satu SD ini dapat disimpulkan bahwa Kegiatan PLP merupakan kegiatan yang positif dan memiliki banyak manfaat bagi mahasiswa untuk menimba pengalaman dalam melakukan kegiatan observasi serta merupakan pengalaman yang sangat berharga karena mampu menerapkan langsung ilmu-ilmu yang telah didapatkan dibangku Sekolah Dasar (SD).

Kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) dilaksanakan selama satu minggu itu mahasiswa melakukan observasi dan mendeskripsikan kultur sekolah, mendeskripsikan struktur organisasi dan tata kerja sekolah, mendeskripsikan peraturan dan tata tertib sekolah, mengidentifikasi kegiatan- kegiatan seremonial-formal di sekolah, mengidentifikasi kegiatan-kegiatan rutin berupa kurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuluer, dan mendeskripsikan praktik- praktik pembiasan dan kebiasan positif di sekolah.

Penegenalan Lapangan Persekolahan (PLP) dilakukan pada minggu kedua berikutnya adalah melakukan observasi didalam kelas untuk mengamati perangkat pembelajaran guru dikelas yaitu analisis kurikulum pembelajaran yang digunakan guru, strategi pembelajaran guru, menelaah evaluasi yang digunakan guru, menelaah pemanfaatan  teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran.

Penegenalan Lapangan Persekolahan (PLP) dilakukan pada minggu ketiga ini melakukan pembuatan 3 perangkat pembelajaran dari kelas rendah, kelas tinggi dan matematika untuk kelas tinggi. Penegenalan Lapangan Persekolahan (PLP) dilakukan pada minggu keempat ini melakukan kegiatan mengajar terbimbing untuk latihan mengajar agar dapat menjadi pembelajaran cara mengajar yang baik dan professional.

Berhasilnya pendidikan pada peserta didik sangat bergantung pada pertanggung jawaban guru dalam melaksanakan tugasnya. Dalam proses pembelajaran  memerlukan suatu strategi belajar mengajar yang sesuai. Mutu pengajaran tergantung pada pemilihan strategi yang tepat dalam upaya mengembangkan kreativitas dan sikap inovatif subjek didik. Untuk itu perlu dibina dan dikembangkan kemampuan professional calon guru untuk mengelola program pengajaran dengan strategi belajar yang bervariasi, inovatif dan kreatif.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x