Mohon tunggu...
Laili MutiaQodra
Laili MutiaQodra Mohon Tunggu... Mahasiswa PGSD

Sukses = Proses

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis ICT bagi Anak SD, Apa Dampaknya?

25 Maret 2020   12:37 Diperbarui: 27 Maret 2020   14:10 259 0 0 Mohon Tunggu...

Perkembangan teknologi  informasi dan komunikasi begitu sangat pesat dalam dunia pendidikan khususnya bagi peserta didik. Tentunya perkembangan ini dapat menimbulkan dampak positif dan dampak negatif. Dalam hal ini peran guru perlu mengarahkan anak untuk dapat memanfaatkan teknologi secara lebih benar dan positif. 

Istilah ICT muncul setelah adanya perpaduan antara teknologi komputer (baik perangkat keras maupun perangkat lunak) dengan teknologi komunikasi pada pertengahan abad ke-20. Information and Communication Technologies (ICT) atau Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi. ICT mencakup dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Oleh karena itu, teknologi informasi dan teknologi komunikasi adalah dua buah konsep yang tidak terpisahkan. 

Jadi Teknologi Informasi dan Komunikasi mengandung pengertian luas yaitu segala kegiatan yang terkait dengan yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, pengelolaan, pemindahan informasi antar media. Teknologi komunikasi mencakup segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentrasfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Karena itu, penguasaan ICT berarti kemampuan memahami dan menggunakan alat ICT secara umum termasuk komputer  dan memahami informasi.

Penerapan teknologi informasi ini adalah sebagai sarana untuk mengoptimalkan belajar siswa dengan mengkonstruksi pengetahuan, informasi dan nilai-nilai yang dapat dimanfaatkan siswa dalam kehidupan nyata sesuai dengan perkembangan zaman. ICT digunakan di dalam pembelajaran karena dapat mencapai beberapa tujuan yang sangat penting, yaitu Membangun kebiasaan Knowledge Based Society (masyarakat berbasis pengetahuan). 

Saat guru menggunakan ICT di dalam pembelajarannya maka secara otomatis, telah membantu anak dalam mengembangkan keterampilan menggunakan ICT. Guru sebaiknya menggunakan ICT dalam pembelajaran karena telah banyak terbukti ICT mampu meningkatkan efektivitas dan efisiensi pada proses belajar-mengajar di sekolah. Banyak materi-materi sulit dan abstrak ternyata menjadi lebih mudah ketika untuk mempelajarinya dibantu dengan penggunaan ICT.

Manfaat ICT Sebagai media Pembelajaran tersebut yaitu ICT sebagai gudang ilmu pengetahuan. Artinya dengan ICT sumber ilmu pengetahuan menjadi begitu kaya bahkan melimpah, baik ilmu pengetahuan inti dalam pelajaran sekolah maupun sebagai materi pembelajaran. ICT sebagai alat bantu pembelajaran. Artinya bahwa pembelajaran saat ini lebih mudah dengan bantuan ICT, untuk menghadirkan dunia di kelas dan dapat disajikan kepada seluruh anak melalui peralatan ICT seperti multimedia dan media pembelajaran hasil olahan komputer seperi poster, grafik, foto, gambar, display, dan media grafis yang lainnya. Pemanfaatan CD Interaktif, Video Pembelajaran, Multimedia presentasi, e-learning termasuk pada bagian ICT sebagai fasilitas Pembelajaran.

ICT mempunyai dampak yang besar pula pada perkembangan generasi anak bangsa. Dampak positif atau negatif yang bisa muncul dari ICT ini tentu saja lebih banyak tergantung dari pemanfaatannya. Bila anak-anak dibiarkan menggunakan ICT secara sembarangan, dampaknya bisa jadi negatif. Sebaliknya, ICT akan memberikan dampak positif bila digunakan dengan bijaksana, yaitu membantu pengembangan intelektual dan motorik anak.

Oleh: 

Laili Mutia Qodra 

06131381722062

VIDEO PILIHAN