Mohon tunggu...
lutfi nur laili
lutfi nur laili Mohon Tunggu... -

mahasiswa UIN maulana malik ibrahim malang

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Kembangkan Minat Belajar Anak melalui Bermain Gitar

10 Oktober 2017   20:40 Diperbarui: 1 November 2017   19:04 520
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Assalamualaikumteman teman... kembali lagi bersama aku di artikel kali ini baik bukan ? Alhamdulillah kalau memang baik. Dan semoga yang lagi sakit di beri kesembuhan amiinn aminn ya robbal alamin. Oke di artikel kali ini saya terinspirasi dengan bagaimana minat belajar anak melalui alat musik yang lebih khususnya gitar.

Gitar adalah salah satu alat musik yang biasanya di mainkan dengan di petik. Sering kali anak anak yang pernah saya lihat lebih banyak yang memainkan ukulele. Seandainya pembelajaran dengan menggunakan alat musik gitar apakah akan efektif ? Untuk itu saya akan sedikit mengutarakan tentang apa yang saya pikirkan.

Dalam bermain gitar mengajarkan akan keindahan ketentraman. Nah dimana akan membuat merasa senang dan aman. Jika posisi anak sedang senang akan memudahkan proses belajar. Kemudian kreatifitas dan ketelitian. Memainkan gitar melatih anak untuk lebih telitih atau pun kesabaran. Karena membimbing anak anak untuk sabar adalah tantangan terberat.

Bagaimana jika anak tidak suka dengan berbau bau musik ? 

Sebagai seorang pembimbing seharusnya mengajak anak agar menyukai dengan hal hal yang akan kita ajarkan ke pada mereka. Karena membuat hal yang di sukai anak" itu pun tidak segampang orang bilang. Dan buatlah semenarik mungkin agar si anak senang dan ajak perlahan. Tanpa paksaan.

Dapat saya tarik kesimpulan bahwa pembelajaran melalui musik yang lebih khususnya adalah gitar dapat mengembangkan kesabaran anak, ketelitihan anak, kreatifitas anak, daya berpikir anak. Dan dari sebuah yang membuat hati anak senang dapat mepermudah proses pembelajaran. Dan bukan hanya gitar saja akan tetapi alat musik semua bisa digunakan untuk mengembangkan minat belajar anak.

Okeh sampai disini saja ya artikel saya kali ini. Apabila ada salah tulisan atau perbedaan pikiran dengan saya mohon di maklumi. Dan saksikan artikel" selanjutnya dari saya. Selamat malam dan selamat beraktivitas. Wassalamualaikum

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun