Mohon tunggu...
Lailatul Fitriyah
Lailatul Fitriyah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Negeri Malang

Memiliki minat dalam bidang geographic education.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Edukasi Disaster Risk Reduction Berbantuan Virtual Reality Technology di MAN 2 Tulungagung oleh Mahasiswa Universitas Negeri Malang

6 Oktober 2022   17:39 Diperbarui: 16 Oktober 2022   20:02 194 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan kebencanaan ini dimaksudkan untuk merubah pengetahuan, sikap, dan keterampilan peserta didik tentang kebencanaan. Perubahan ini meliputi dari yang tadinya tidak tahu menjadi tahu bahwa daerah tempat tinggalnya termasuk kawasan rawan bencana, dari yang tadinya tidak peduli menjadi peduli terhadap upaya pencegahan banyaknya korban jiwa, dari yang tadinya tidak terlatih menjadi terlatih dalam upaya penyelamatan jika terjadi bencana.

Mengingat Kabupaten Tulungagung terletak pada zona subduksi lempeng Indo-Australia yang menyusup ke bawah Lempeng Eurasia yang berada di selatan pulau Jawa. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pada tahun 2022 menyampaikan bahwa wilayah Selatan Jawa masih menyimpan energi dengan magnitudo sebesar 8,7 yang disebut dengan Gempa Megathrust. Sehingga Kabupaten Tulungagung yang terletak di Selatan Jawa harus terus meningkatkan persiapan dan kewaspadaan akan hal tersebut.

Oleh karena itu, Pendidikan kebencanaan bagi siswa juga sangat diperlukan. Dimana siswa bukan hanya dituntut mengetahui dan memahami penyebab bencana atau kerusakan lingkungan, tetapi juga dituntut punya sikap dan keterampilan untuk penyelamatan diri dalam rangka meminimalkan korban jiwa.

Adapun tujuan dilaksanakannya kegiatan Sosialisasi Disaster Risk Reduction (DRR) dengan berbantuan Virtual Reality Technology dalam rangka mendukung Sekolah Tangguh Bencana ini diharapkan dapat mengedukasi adik-adik semua mengenai apa itu bencana, risiko bencana, bagaimana cara mengurangi risiko bencana, serta apa yang bisa kita lakukan sebagai siswa ketika terjadi bencana.

Kegiatan pengabdian mahasiswa Universitas Negeri Malang ini dilaksanakan di MAN 2 Tulungagung pada hari Kamis tanggal 25 Agustus 2022. Pengabdian mahasiswa ini dibagi menjadi 2 kegiatan, kegiatan yang pertama yaitu sosialisasi mengenai Disaster Risk Reduction berbantuan Virtual Reality Technology dan pemasangan atribut kebencanaan untuk mendukung Sekolah Tangguh Bencana. Sosialisasi Disaster Risk Reduction berbantuan Virtual Reality Technology diselenggarakan di aula MAN 2 Tulungagung dengan peserta sejumlah 40 siswa. Sebelum memasuki aula peserta mengisi daftar hadir terlebih dahulu secara tertib.

Kegiatan dimulai dengan sambutan dari ketua pelaksana yaitu Lailatul Fitriyah mahasiswa S1 Pendidikan Geografi 2019, kemudian dilanjutkan dengan sambutan dan pembukaan kegiatan oleh perwakilan Kepala Sekolah yaitu Ibu Dwi Asih Mudirotul laili, S.Ag selaku Waka Humas MAN 2 Tulungagung, kemudian diakhiri dengan penyerahan cinderamata.

Dokpri
Dokpri

Dokpri
Dokpri

Dokpri
Dokpri

Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi sosialisasi mengenai Disaster Risk Reduction oleh pemateri yaitu Muhammad Rizieq Fahmi, S.Pd. Materi dimulai dengan memberikan pretest kepada peserta melalui google form, kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi. Peserta didik menyimak materi dengan antusias yang tinggi, peserta didik secara aktif bertanya dan menjawab mengenai materi. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan