Mohon tunggu...
Lailatul fitriah
Lailatul fitriah Mohon Tunggu... Guru - Mahasiswa Magister Pendidikan Bahasa Indonesia Universitar Muhammadiyah Malang

Mahasiswa Magister Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Muhammadiyah Malang

Selanjutnya

Tutup

Diary

Guru Digugu dan Ditiru

25 Januari 2022   15:48 Diperbarui: 25 Januari 2022   15:50 58
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Diary. Sumber ilustrasi: PEXELS/Markus Winkler

Siang ini saya menjemput putri saya pulang sekolah, tiba-tiba celoteh lucunya muncul ketika di tengah saya bonceng motor “ mama, bu guru hari ini bicara jelek ke siswanya”. 

“Bicara jelek apa nak” jawab saya santai, padahal hati tersentil

“Bilang Kapok, kan itu jelek mama” katanya antusias.  

“Nak, itu bukti bahwa di dunia ini tidak ada yang sempurna, bu guru juga bisa berbuat salah, makanya kalau hal itu jelek jangan ditiru ya…” jawab saya dengan menyunggingkan senyum.

“ tapi mama, guru kan ditiru siswanya” sanggahnya tidak terima

Dari percakapan pendek itu saya sebagai guru merasa tersentil, bahwa di mata siswanya guru harus sempurna dari penampilan terutama kelakuan. Guru tidak boleh cacat di mata siswanya karena guru itu di gugu lan ditiru. Guru yang berakhlak akan menghasilkan siswa yang berakhlak dan sebaliknya. Maka sebagai guru harus memiliki tingkah, polah, tindak tanduk yang hati-hati, karena kita punya pengawas yaitu siswa dan siswa kita. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun