Mohon tunggu...
Laila Nur Faizah
Laila Nur Faizah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ilmu Komunikasi

Pisces

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Wisata Religius Bekasi Kelenteng Hok Lay Kiong

13 September 2022   12:32 Diperbarui: 13 September 2022   13:45 100 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tampak depan bangunan kelenteng sumber foto: bekasiraya.co/josep
Tampak depan bangunan kelenteng sumber foto: bekasiraya.co/josep

Kota Bekasi-Klenteng Hok Lay Kiong merupakan bangunan peribadatan tertua di Bekasi, umurnya yang sudah menginjak kurang lebih 300 tahun melebihi umur kemerdekaan Republik Indonesia. Beralamatkan Jl. Kenari I No.1, RT.006/RW.001, Desa Margahayu, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi, Jawa Barat.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Kelenteng yakni bangunan atau tempat beribadah serta tempat upacara keagamaan bagi umat konghucu. Namun pada umumnya kelenteng menjadi tempat beribadah atau bersembahyang oleh etnis Tionghoa dari agama Budha, Khonghucu dan Tao.

Kelenteng Hok Lay Kiong merupakan kelenteng tertua di Bekasi umur bangunan yang berkisar 300 tahun lebih tua daripada umur kemerdekaan Indonesia. Kelenteng tersebut masih berdiri dengan kokoh dan sempat mengalami renovasi untuk perbaikan struktur bangunan. Dengan ornamen dan ciri khas kelenteng bernuansa warna merah dan warna emas serta adanya lampion, lilin membuat keunikan tersendiri.

Dikutip dari laman liputan.co dalam wawancara bersama seorang ketua yayasan Rony Hermawan Kelenteng Hok Lay Kiong sudah dibangun pada masa penjajahan VOC, perpindahan para pekerja etnis Tionghoa dari Jakarta ke Bekasi karena terjadinya pembrontakan sebenarnya tidak hanya Bekasi merekapun menyebar ke daerah Cikarang dan Karawang. Mereka menetap dan membutuhkan tempat ibadah.

Kelenteng ini akan sangat ramai pada saat perayaan tahun baru imlek adanya upacara peribadatan yang digelar oleh pemeluknya. Etnis Tionghoa biasanya padaa saat merayakan imlek akan mengenakan pakaian berwarna merah pada hari itu melambangkan susana yang meriah dan ceria tentu saja warna merah tersendiri memiliki makna bagi mereka yakni warna keberuntungan yang dipercaya bisa mengusir roh jahat dan nasib buruk.

Kelenteng Hok Lay Kiong ini ada di Jl. Kenari I No.1, RT.006/RW.001, Desa Margahayu, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi, Jawa Barat. Untuk calon pengunjung terdapat fasilitas yakni area parkir, toilet, kolam serta tentunya tempat ibadah yang bersih. Kelenteng ini buka setiap hari mulai jam 08.00 - 21.00 WIB.

 Kelenteng Hok Lay Kiong juga dibuka untuk umum, jadi bagi para calon pengunjung yang ingin melihat kelenteng tersebut sangat diperkenankan. Calon pengunjung dapat merasakan suasana tempat peribadatan umat tiga agama tersebut serta dapat melihat bangunan kelenteng yang tertua se Bekasi yang hanya ada di Kota Bekasi saja.

Sumber

KBBI. (t.thn.). kelenteng. Dipetik Juli 11, 2022, dari KBBI: https://kbbi.lektur.id/kelenteng#:~:text=Menurut%20Kamus%20Besar%20Bahasa%20Indon esia,upacara%20keagamaan%20bagi%20penganut%20konghucu.

sinulingga, b. (2020, januari 25). sekilas sejarah klenteng hok lay kiong di bekasi yang berumur 300 tahun. Dipetik juli 11, 2022, dari liputan6.com: https://www.liputan6.com/news/read/4163517/sekilas-sejarah-klenteng-hok-lay-kiong-di- bekasi-yang-berumur-300-tahun

Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan