Mohon tunggu...
Laila Muyasaroh
Laila Muyasaroh Mohon Tunggu... Pelajar Seumur Hidup

PharmStud

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

KKN 55 UNEJ: Mahir Pakai Aplikasi Telepon Pintar untuk Belajar Daring

10 Agustus 2020   06:30 Diperbarui: 10 Agustus 2020   09:49 39 1 0 Mohon Tunggu...

Kondisi pandemi COVID-19 saat ini, menyebabkan pembelajaran di sekolah harus dilaksanakan secara daring di rumah. Pembelajaran daring di rumah menimbulkan berbagai masalah, diantaranya siswa kurang maksimal dalam memahami materi pelajaran sekolah. Saat pembelajaran daring, siswa tidak mendapatkan penjelasan secara tatap muka langsung oleh guru-guru mereka sehingga kemampuan mereka dalam memahami materi pelajaran kurang maksimal.

Pada kegiatan KKN Back to Village Universitas Jember 2020 ini, saya melaksanakan KKN di Desa Kedungharjo, Kecamatan Mantingan, Kabupaten Ngawi. Upaya yang dapat saya lakukan untuk mendukung program pembelajaran anak sekolah selama pandemi COVID-19 adalah memberikan pelatihan mengenai penggunaan aplikasi telepon pintar untuk belajar daring. 

Pelatihan tersebut dilaksanakan secara luring dan daring kepada enam sasaran yaitu siswa-siswi kelas 11 SMA. Beberapa aplikasi yang saya ajarkan yaitu Zenius, Ruang Guru, Rumah Belajar, Cake English, Duolingo dan Pahamify.

pengenalan aplikasi belajar dengan sasaran
pengenalan aplikasi belajar dengan sasaran
penerapan aplikasi belajar sebagai media belajar daring
penerapan aplikasi belajar sebagai media belajar daring
pengenalan dan pelatihan penggunaan aplikasi telepon pintar secara daring
pengenalan dan pelatihan penggunaan aplikasi telepon pintar secara daring
Pada pelatihan secara luring, saya memberikan panduan secara langsung bagaimana penggunaan aplikasi-aplikasi tersebut. Sedangkan pada pelatihan secara daring melalui google meet, saya membuat tutorial penggunaan aplikasi-aplikasi tersebut. Adanya tutorial diharapkan sasaran menjadi lebih paham tentang tata cara pendaftaran akun dan tata cara mencari materi pelajaran sekolah di aplikasi-aplikasi tersebut.

Aplikasi-aplikasi tersebut diharapkan dapat membantu siswa-siswi dalam memahami materi pelajaran sekolah. Aplikasi Zenius, Ruang Guru, Rumah Belajar, dan Pahamify berisi video materi sekolah, latihan soal, dan rangkuman materi sekolah. Video  dan rangkuman materi pelajaran tersebut dapat membantu siswa menjadi lebih paham terhadap materi pelajaran sekolah. Selain itu adanya latihan soal dapat digunakan untuk menguji kemampuan siswa dalam memahami materi pelajaran.  

Hasil pelatihan tersebut menunjukkan sasaran telah mampu mengoperasikan aplikasi-aplikasi tersebut yaitu mendaftar akun dan mencari materi pelajaran sekolah. Saya berharap, penggunaan aplikasi belajar ini tidak hanya berlaku ketika masa KKN berlangsung, tetapi juga dapat terus dimanfaatkan oleh sasaran untuk membantu mereka dalam belajar daring. 

Selain memberikan pelatihan mengenai penggunaan aplikasi telepon pintar untuk belajar tersebut, saya juga memberikan edukasi mengenai pencegahan penularan COVID-19. Adanya edukasi tersebut, diharapkan sasaran dapat menerapkan protokol kesehatan mengenai pencegahan penularan COVID-19 dalam kehidupan sehari-hari terutama ketika melaksanakan pembelajaran sekolah baik daring daring maupun luring. (Laila/KKN 55/Ngawi/M. Nur Khozin)

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x