Mohon tunggu...
Laila DwiAprilianingrum
Laila DwiAprilianingrum Mohon Tunggu... laila

-

Selanjutnya

Tutup

Analisis

Bencana Banjir yang Berdampak pada Perekonomian dan Pembelajaran Daring

22 Januari 2021   17:13 Diperbarui: 24 Januari 2021   08:38 121 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bencana Banjir yang Berdampak pada Perekonomian dan Pembelajaran Daring
www.kincir.com

Indonesia merupakan negara yang sering terjadi bencana. Di Indonesia saat ini banyak terjadi bencana alam yang tak terduga, pada awal tahun masyarakat Indonesia disambut oleh bencana-bencana yang tak kita inginkan.

Pada tahun 2020 masyarakat Indonesia sudah menghadapi musibah adanya COVID-19 meskipun sampai sekarang belum mereda, tetapi dengan pergantian tahun Indonesia justru mengalami bencana-bencana terutama bencana alam dan pada bulan januari 2021 sudah banyak kejadian yang terjadi  seperti gunung meletus dibeberapa daerah, banjir, gelombang air laut tinggi, hingga jatuhnya pesawat.

Sebelum adanya bencana masyarakat Indonesia sudah mengalami perekonomian yang tidak stabil pada tahun 2020 karena adanya COVID-19 dan hingga saat ini pandemi  masih belum mereda sehingga sudah banyak kerugian-kerugian yang di alami oleh semua masyarakat dari kalangan atas maupun kalangan bawah.

Dari perekonomian yang biasa didapat kemungkinan kerugian yang dicapai hingga 20-50% bahkan bisa lebih dari itu. Terutama pada perdagangan, pariwisata, energi, serta keuangan. Dengan adanya pandemi ini banyak orang juga kehilangan pekerjaan, terutama terbanyak pada di sektor bisnis dan industri yang mengalami perlambatan.

Saat ini bencana banjir juga banyak terjadi di Indonesia sehingga banyak juga orang yang mengalami kerugian terutama kerugian materi, sehingga perekonomianpun juga terhambat karena adanya musibah tersebut. Jika pandemi dan bencana banjir ini masih terus ada kemungkinan besar perekonomian akan berdampak lebih parah dan berkepanjangan karena pada saat ini seringnya hujan.

Dari segi pembelajaranpun masih daring dari awal adanya PSBB karena masa pandemi sampai saat ini dengan belajar dari rumah, tetapi untuk pembelajaran yang dilakukan terutama pada daerah yang terkena bencana mungkin akan lebis sulit dilakukan atau kemungkinan besar bisa saja tidak melaksanakan daring karena adanya bencana tersebut dan akses internet yang mungkin akan lebih sulit untuk mengakses pada saat banjir tersebut.

Untuk tahun 2018 pemerintah telah memiliki rencana mungkin untuk saat ini pun juga bisa dilakukan Prioritas Penanggulangan Bencana diantaranya adalah penguatan kapasitas sarana prasarana untuk menangani bencana, pemulihan dana daerah bencana, penataan lingkungan dan ruang serta penguatan kelembagaan terutama di daerah.

Dari konsep tersebut dapat diambil teori dari fakta sosial dengan seorang tokoh sosiologi yaitu email durhkeim. Fakta sosial yang berperan sebagai struktur mampu menginstitusikan dalam masyarakat dengan berbagai ukuran ruang lingkup maupun jenis dan yang menjadi pelaku dalam fakta sosial Durkheim yaitu manusia yang bertindak mengikuti aturan main yang digariskan struktur.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x