Mohon tunggu...
Laila S
Laila S Mohon Tunggu... Wiraswasta - Pecinta Sepak Bola dan Wiraswasta

Penyuka olahraga, hobi mencari hal baru,. Suka dengan tulisan-tulisan seperti yang menggugah semangat, heroik dan lain-lain.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Ide Soal Sinergi Suporter, Klub dan PSSI

6 Desember 2022   17:55 Diperbarui: 6 Desember 2022   18:13 212
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto: Tribunnews.com

Dunia sepak bola dalam negeri menjadi perbincangan serius di berbagai lini masa akhir-akhir ini. Hal tersebut terkait dengan akan diadakannya Kongres Luar Biasa (KLB) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia. Dan salah satu agendanya yakni memilih sosok untuk menduduki kursi ketua umum PSSI.

Sejauh ini tidak terlalu banyak sosok yang memang betul-betul disuguhkan oleh publik yang diyakini untuk mampu membenahi persepakbolaan Indonesia. namun ada satu nama yang santer didorong untuk menjadi ketua umum PSSI, yakni Menteri BUMN Erick Thohir.

Sosok yang satu ini memang tidak asing dalam dunia sepak bola. Mulai dari pernah menjadi presiden Inter Milan. Sampai dipercaya Presiden Jokowi sebagai juru selamat di saat Indonesia dibayang-bayangi sanksi FIFA.

Suporter, Klub dan PSSI

Ke depan reformasi sepak bola memang harus terus digalakkan. Penulis memiliki harapan besar bahwa siapapun yang menahkodai PSSI berikutnya, gagasan ini perlu direalisasikan. Demi berjalannya sepak bola yang berkualitas dan tidak ada lagi sejarah kelam seperti yang terjadi di Kanjuruhan, Malang tempo hari.

Ide sinergi merupakan suatu konsep yang menekankan pada kerja sama yang saling menguntungkan antara berbagai pihak dalam suatu organisasi atau industri. Dalam dunia sepakbola, ide sinergi dapat diterapkan antara suporter, klub, dan PSSI untuk meningkatkan keberlangsungan dan kemajuan sepakbola di Indonesia.

Salah satu contohnya yakni menjadikan suporter bagian yang tidak terpisahkan dari klub itu sendiri. Bahkan jika perlu klub-klub yang tersebar di seluruh Nusantara memiliki database sendiri-sendiri. Sehingga dengan mudah memantau dan menjadi satu kesatuan dengan klub yang bersangkutan.

Selain itu suporter juga diberikan ruang untuk ikut andil memberikan masukan terhadap klub yang mereka cintai. Sehingga hubungannya akan lebih erat dan keberadaan mereka dirasa sangat membantu. Hal Ini berkaca pada banyaknya tragedi-tragedi yang terjadi di dunia sepak bola selama ini.

Selain itu, PSSI juga dapat bekerja sama dengan klub sepakbola untuk mengembangkan program pelatihan dan pembinaan bagi para pemain muda agar terus berkembang dan menjadi pemain handal di masa depan. Dengan demikian, ide sinergi ini dapat membantu meningkatkan mutu dan prestasi sepakbola di Indonesia.

Dengan adanya kerjasama yang baik antara suporter, klub, dan PSSI, diharapkan akan tercipta suasana sepakbola yang lebih menyenangkan dan meriah di Indonesia. Selain itu, ide ini juga dapat membantu meningkatkan minat masyarakat terhadap sepakbola, sehingga dapat meningkatkan popularitas dan daya tarik sepakbola di Indonesia.

Secara keseluruhan, ide sinergi antara suporter, klub, dan PSSI merupakan suatu langkah yang penting untuk mengembangkan dan memajukan sepakbola di Indonesia. Dengan adanya kerja sama yang baik dan terpadu antara berbagai pihak, diharapkan dapat tercipta suatu sistem sepakbola yang lebih efektif dan efisien dalam meningkatkan mutu dan prestasi sepakbola ke depan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun